Mulai Malam ini, Soft Opening Fala Sidegon

SIAP DIBUKA: Tampak sejumlah ucapan selamat di depan Fala Sidegon . (Foto: Suryani/malut post)

Ternate, malutpost.id -- Fala Sidegon tempat penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Ternate mulia dibuka, Sabtu (27/2/2021) malam nanti.

"Soft Opening Fala Sidegon akan dilakukan Sabtu malam ini. Jumlah UMKM lokal yang jualan di Fala Sidegon Jalan Sultan Khairun Soa Sio ada 8 pelaku UMKM," kata Ketua Sidegon Maluku Utara Mukhtar Adam.

Menurut Mukhtar, resesi ekonomi diprediksi akan terus berlanjut hingga beberapa tahun kedepan, sehingga proses pemulihan dan terus menjaga momentum stabilitas ekonomi, diperlukan berbagai skema pemulihan ekonomi yang saling terintegrasi, antarpelaku dalam berbagai sektor ekonomi. Koperasi Sidegon yang dibentuk dari kumpulan pelaku UMKM dan akademisi yang memiliki kesamaan visi pentingnya kolaborasi dalam pengembangan UMKM.

Setelah berbagai upaya yang dilakukan sejak 2018 dan 2019, melalui forum-forum diskusi pendampingan pasar, membuka akses pasar produk UMKM, pelatihan dan pembinaan di Kampus Fakultas Ekonomi Unkhair, sampai dengan memasuki tahun 2020, mengalami kebencanaan Covid-19, UMK masih terus eksis dalam forum diskusi bersama akademisi, yang dinaungi dalam Yayasan An Nur Almuk, melalui Sidegon, yang aktif menyelenggarakan diskusi virtual.

Dia menuturkan September 2020, kegelisahan akademisi dan pelaku UMKM akan keberlanjutan pengembangan sebagai respons atas kebijakan pemerintah pusat, menetapkan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Karena itu dibutuhkan sebuah lembaga ekonomi yang dapat menjembatani berbagai upaya yang dilakukan, maka ditetapkan melalui pembentukan Koperasi Si De Gon.

"Sidego dalam bahasan ternate artinya mendudukan, dan Gon dalam Bahasa Makian artinya jualan, dengan dua suku kata ini dijadikan dalam satu kata yang disebut Sidegon, yang dapat diartikan mendudukan jualan, sebagai respons atas upaya mendorong pembudayaan kewirusahaan di Maluku Utara, yang ratio penduduknya masih sangat rendah bergerak di sektor usaha," ucapnya.

Untuk itu Sidegon diharapkan menjadi rumah bersama bagi upaya pembudayaan entrepreneurship (kewirusahaan) bagi pelaku lokal. Koperasi Sidegon menjalin Kerjasama dengan perbankan, utamanya Bank BNI 46 yang aktif sejak awal mendukung pembukaan Lapak Sidegon BNI, dan BRI yang mendukung penyediaan Lapak Sidegon Soa Sio, dan saat ini telah dalam proses pembangunan Fala Sidegon di Takoma dan halaman parkir Hotel Sahid Bela, yang direncanakan beroperasi Maret.

Sebagai upaya kolaborasi bisnis dan budaya, Sidegon bekerjasama dengan PT. Harita Group, untuk mendorong perajin lokal dalam pembuatan 1.000 tuala lipa yang sudah dimulai sejak awal Maret 2020 namun terkena bencana covid-19, maka ditunda dan akan dilanjutkan pengembangan tuala lipa melalui home industri.

Sidegon dalam setiap lokasi akan memanfaatkan tuala lipa sebagai simbul pelayanan yang digunakan oleh karyawan dan pelaku usaha di lokasi Sidegon, sebagai upaya mendorong peningkatan produk budaya melalui home industry yang didukung oleh PT. Harita Group, untuk melestarikan kearifan lokal yang berpotensi punah ditelan zaman, jika tidak terus dilestarikan.

Dalam soft opening malam nanti, selain memperkenalkan tuala lipa, Sidegon juga memperkenalkan logo baru, yang diikuti dengan pembukaan tempat usaha baru Fala Sidegon Soa Sio Ternate yang memanfaatkan transaksi nontunai, atas fasilitasi BRI Cabang sosialisasi belanja non tunai di masyarakat.

Fala sidegon juga menyediakan ikan hias dengan berbagai jenis, sehingga para pengunjung akan bisa menikmati keindahan ikan hias. Ikan hias itu juga dijual, maka para pecinta ikan hias bisa langsung membeli, pungkasnya. (tr-02/onk).


-

Peliput : Suryani Tawari

Editor   : Bukhari Kamaruddin