Komisi I DPRD Turun Lapangan

KUKER: Komisi I DRPR Halbar saat melakukan kunjungan kerja (kuker) di Desa Bobane Dano Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel), Rabu (15/1).

JAILOLO – Komisi I DPRD Halmahera Barat (Halbar) mendatangi Desa Bobane Dano Kecamatan Jailolo Selatan, Rabu (15/1). Kedatangan komisi yang membidangi hukum dan pemerintahan ini untuk menindaklanjuti laporan warga terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang melibatkan kepala desa.”Saat kuker kemarin kami langsung melakukan pertemuan dengan camat di kantor desa yang dihadiri seluruh stakeholder desa yang terdiri dari kades bersama perangkatnya, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda termasuk mahasiswa dan tokoh perempuan,”kata ketua komisi I Djufri Muhammad usai pertemuan.

    Politisi Partai NasDem ini menambahkan, saat pertemuan bersama warga di kantor desa, terjadi perdebatan panjang karena warga membeberkan sejumlah masalah di desa yang dianggap sangat krusial. Hal ini berkaitan dengan item keuangan desa yakni, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017 serta sebagian kegiatan fisik DD 2019 yang dianggap bermasalah.”Setelah melakukan pertemuan bersama warga, kami langsung memantau beberapa lokasi kegiatan fisik DD 2017, 2018 serta 2019. Pemantauan ini didampingi camat, kades, BPD serta masyarakat,”katanya.

       Hasil kuker ini kata Djufri akan ditindaklanjuti dengan mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD), Inspektorat dan camat untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait hasil kuker dan keluhan masyarakat Desa Bobane Dano.”Kita agendakan dalam waktu dekat dilakukan RDP terkait persoalan Desa Bobane Dano,”pungkasnya. (din/met)