58 Formasi CPNS tak Terisi

TES CPNS: Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkab Halmahera Barat beberapa waktu lalu.

JAILOLO – Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Halmahera Barat tidak semuanya terisi. Ini karena dari jumlah 118 formasi yang diberikan hanya 60 yang terisi. Sementara sisanya 58 tidak terisi karena pelamarnya tidak memenuhi passing grade saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) beberapa waktu lalu.”Kami belum memastikan 58 formasi tersebut karena masih menunggu petunjuk dari BKN apakah dianggap hangus atau ada kebijakan lain yang nantinya diarahkan BKN,”kata Sekretaris BKD Abdul Latif yang dikonfirmasi, Jumat (21/2).

      Abdul mencontohkan, kebijakan yang biasanya diambil Badan Kepegawaian Negara (BKN) seperti tahun lalu adalah misalnya sekolah A hanya menerima satu formasi guru Bahasa Inggris, namun pelamarnya ada tiga yang memenuhi passing grade, sementara di sekolah B formasi satu guru Bahasa Inggris tetapi tidak ada pelamar yang memenuhi passing grade. Sehingga apakah pelamar yang lolos passing grade di sekolah A bisa dialihkan ke sekolah B atau tidak.”Ini yang kami masih menunggu arahan dari BKN. Jadi semua hasil sudah ada ditangan BKN, selanjutnya BKN yang putuskan seperti apa formasi yang pelamarnya tidak memenuhi passing grade tersebut,”jelasnya.

       Selain itu, saat ini BKD juga telah menyusun kebutuhan formasi CPNS 2020, karena sudah ada permintaan dari BKN agar segera menyampaikan kebutuhan formasinya. Diperkirakan September 2020  mendatang sudah ada lagi tes CPNS.”Nanti kita lihat, apakah formasi yang tidak memenuhi kebutuhan passing grade itu nanti menjadi kebutuhan formasi CPNS tahun ini, ataukah ada kebijakan lain yang nantinya diputuskan BKN,”pungkasnya. (din/met)