Danny Pimpin Kirab Budaya HUT Halbar

PAWAI: Bupati Danny Missy, Forkompimda, pimpinan SKPD serta masyarakat menggelar pawai kirab budaya dari kantor bupati berjalan kaki menuju kantor DPRD dalam rangka HUT Kabupaten Halbar, Selasa (25/2) kemarin SAMSUDIN CHALIL

JAILOLO – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Halmahera Barat ke-17 tahun yang dilaksanakan pemerintah kabupaten (pemkab), Selasa (25/2) berlangsung meriah. Momentum HUT ini juga bertepatan dengan empat tahun kepemimpinan Bupati Danny Missy dan Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando.

       Meriahnya HUT ini terlihat ketika masyarakat antusias datang dari berbagai suku mengenakan baju adat untuk mengikuti pawai kirab budaya yang dipimpin Bupati Danny Missy dan diikuti Ketua DPRD Charles R Gustan, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syahril Abd Radjak, Sultan Jailolo Ahmad Syah, Forkompimda, pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta perwakilan suku dari 8 kecamatan dan masyarakat. Kirab budaya dimulai pukul 08.30 WIT dari halaman kantor bupati berjalan kaki menuju kantor DPRD. Setibanya di kantor rakyat tersebut, perangkat adat, tokoh agama muslim dan para pendeta se-Halbar menggelar doa bersama di gedung DPRD untuk Halbar yang lebih maju.

       Selain doa bersama, juga digelar sidang paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Halbar ke-17 tahun. ”Hari jadi adalah tonggak sejarah yang berperan sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun daerah. Implikasinya akan sangat besar dalam rangka mengisi pembangunan skala nasional,” ungkap Danny saat membacakan pidato pada sidang istimewa di gedung DPRD, Selasa (25/2).

Orang nomor satu di Pemkab Halbar ini mengatakan kedudukan daerah ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka sudah menjadi keharusan untuk menyelaraskan kedudukan hari jadi dengan semangat nasionalisme guna memperkuat kecintaan kepada negara dan bangsa. ”Setiap pemimpin dan pemerintahan punya masanya untuk berbakti dan berbuat dengan bekerja keras dan bertekad membangun daerah tercinta ini ke arah yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” ucapnya.

       Politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan, tugas generasi saat ini dan akan datang adalah melanjutkan estafet perjuangan agar karya bakti semua generasi bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Dalam mencapai output yang lebih baik, tentu harus bersama-sama dan bekerja keras, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, sehingga dapat menyukseskan pembangunan di Halbar yang dicintai. ”Karena dengan modal kebersamaan dan kerja keras lah kita akan meraih cita-cita kita, mewujudkan Halbar yang cerdas, religius, berbudaya, sehat sejahtera, yang bermoral dan berintegritas,” pungkasnya.

       Sementara Ketua DPRD Carles R. Gustan mengatakan momentum HUT kali ini patut disyukuri karena ada beberapa hal penting yang berhasil diselesaikan Pemkab Halbar. Seperti batas wilayah enam desa yang hampir puluhan tahun tidak pernah tuntas. Namun di kepemimpinan Danny Missy batas wilayah antara Halut dan Halbar sudah bisa diselesaikan. Selain itu, Halbar juga sudah keluar dari kategori tertinggal yang ditetapkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). ”Kita patut berbangga, karena berbagai keberhasilan sudah diraih. Bahkan persoalan batas wilayah enam desa sudah selesai dengan keluarnya Permendagri Nomor 60 tahun 2019,” pungkasnya.
       Diketahui, perayaan HUT ke 17 tahun ini puncaknya dilaksanakan di Lokasi Festival Teluk Jailolo (FTJ) dengan menggelar berbagai atraksi budaya sekaligus di-launching-nya Calendar Of Event (COE) FTJ 2020.(din/pn/met)