Kemensos Salurkan 400 RLH

BANTUAN : Tim dari Kemensos RI saat meninjau salah satu rumah penerima bantuan rumah layak huni (RHL) di Desa Akelaha Kecamatan Jalsel, Jumat (28/2)

JAILOLO –  Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan perhatian khusus kepada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Buktinya, selama dua tahun terakhir 2019 dan 2020, kementerian menyalurkan bantuan 800 rumah layak huni (RLH) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar melalui Dinas Sosial (Dinsos) untuk disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan.

    Tahun 2019 rumah layak huni disalurkan di dua kecamatan. Yakni Kecamatan Jailolo dan Loloda. Sementara tahun ini 400 rumah disalurkan di enam desa, masing-masing Desa Sasur, Goro Goro, dan Peot Kecamatan Sahu. Sementara Kecamatan Jailolo Selatan meliputi Desa Biamaahi, Joronga dan Akelaha. Penyaluran bantuan ini berdasarkan hasil kerja sama Bupati Danny Missy dan Kemensos melalui Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Pesisir Wilayah 3.”Bantuan ini adalah bentuk apresiasi dari Kemensos atas kinerja Pemkab Halbar dalam penyaluran bantuan keluarga harapan,”kata Bupati Danny Missy, Jumat (28/2).

    Orang nomor satu di Pemkab Halbar ini meminta Dinas Sosial, kepala desa (kades) bisa bersinergi dalam menyiapkan data yang akurat tentang warga yang tidak mampu, sehingga penyaluran bantuan bisa tepat sasaran demi kesejahteranaan masyarakat.”Saya minta dukungan dari semua pihak, agar setiap program dari pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa dikawal dengan baik sehingga bisa disalurkan kepada yang berhak menerima,”ucapnya.

    Sementara Staf Kemensos Andi F. Zulung yang hadir menyalurkan bantuan tersebut mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap Pemkab Halbar, sehingga tim dari Kemensos turun langsung menyalurkan bantuan dan meninjau secara langsung kondisi keluarga penerima bantuan.”Kehadiran kami untuk meninjau langsung kondisi keluarga penerima manfaat yang mendapatkan bantuan rumah layak huni,”jelasnya.

    Terpisah Kadinsos Halbar Samsuri Madjid mengaku, kedatangan tim Kemensos ini untuk melakukan pendampingan penjajakan rumah tidak layak huni terhadap keluarga penerima manfaat (KPM).”Dari hasil penjajakan ditetapkan 400 KPM yang menerima bantuan rumah layak huni dari kemensos dan bantuan tersebut sesuai daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),”pungkasnya. (din/met)