Mogok Tengah Laut Penumpang Panik

Ft== KM Cahaya Nusantara saat berlabuh di Pelabuhan Jailolo

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat diminta segera menghentikan aktivitas KM Cahaya Nusantara rute Jailolo - Ternate. Ini karena kapal kayu tersebut sudah tidak layak beroperasi mengangkut penumpang dan muatan. Buktinya, Senin (9/3) sekira pukul 06.00 WIT kapal yang mengangkut 170 penumpang dari Kota Ternate menuju Jailolo itu tiba-tiba mogok di depan Pulau Hiri sekira pukul 08.00 WIT.
       Mogoknya kapal tersebut membuat ratusan penumpang panik.”Kejadian seperti ini sudah berulang kali. Bahkan hingga jatuh korban, karena itu pemkab sudah harus mengambil langkah tegas dengan cara menghentikan aktivitas kapal yang tidak layak beroperasi,”tandas Ashari salah satu warga Jailolo ketika menghubungi wartawan, Senin (9/3). Ashari mengatakan saat kejadian dirinya berada di Jailolo, tetapi dihubungi istri dan anaknya yang menumpangi kapal tersebut dan memberitahukan kapal yang ditumpanginya mogok.”Pemkab dalam Hal ini Dishub sudah harus mengeluarkan SOP tentang kelayakan kapal dan segera mengganti kapal yang layak dan bila perlu hadirkan kapal cepat untuk melayani masyarakat Jailolo,”ujarnya.
       Langkah cepat yang harus diambil Dishub, karena sudah banyak kejadian kecelakaan laut yang bermula dari mogok mesin, kemudian karena dihantam gelombang dan akhirnya kapal tenggelam dan puluhan masyarakat jadi korban.”Jadi pemkab tidak harus menunggu lagi ada yang korban baru bertindak, kejadian tadi (kemarin) merupakan peringatan, dan beruntung kondisi cuaca juga baik, sehingga semua penumpang selamat,”ucapnya.
       Sementara Petugas Syahbandar Jailolo Arifin yang dikonfirmasi di kantor KPLP mengatakan kapal tersebut mengalami kurusakan pada bagian selang oli, sehingga ABK langsung mematikan mesin dan untuk penumpang kurang lebih sebanyak 170 penumpang didalamnya termasuk pegawai.”Kapal tidak mengalami kerusakan pada mesin, hanya selang oli yang pecah dan olinya keluar hingga dimatikan mesinnya, dan KM. Wahana yang juga satu majikan dengan KM.Cahaya Nusantara menggandeng kapal tersebut ke Pelabuhan Jailolo,”jelasnya. (din/met)