Halbar Kirim 74 Ton Ikan ke Surabaya

Kapal yang hendak sandar di pelabuhan Matui

JAILOLO – Kehadiran kapal tol laut KM Logistik Nusantara 3 di Halmahera Barat dimanfaatkan pengusaha untuk mengirimkan komoditinya langsung ke Surabaya Jawa Timur. Berdasarkan data Perusahaan Bongkar Muat (PBM) Pelabuhan Matui Kecamatan Jailolo, kontainer yang disediakan sebanyak 24 unit. Dari jumlah tersebut yang sudah terisi sebanyak 11 kontainer dan tiga freezer yang berisi 75 ton ikan segar.

       Sementara 13 kontainer yang masih kosong, akan diisi pengusaha dengan terlebih dahulu menghubungi Disperindagkop.”Jadi 11 kontainer dan tiga Freezer ikan sudah terisi dan siap dimuat,”kata Ketua Perwakilan PBM Jailolo Sadam Gani yang ditemui di Pelabuhan Matui, Rabu (11/3). Sadam mengaku, pengiriman ikan ke Surabaya bulan ini meningkat  dibanding bulan lalu yang hanya 25 ton. Sementara pengiriman kali ini jumlahnya dua kali lipat dan mencapai 75 ton.

       Karena itu, Sadam berharap pengusaha lebih efektif memanfaatkan kontainer yang kosong, karena sangat rugi ketika kapal kembali ke Surabaya membawa kontainer kosong.”Ini sebenarnya peluang bagi pengusaha untuk mengirim barang ke Surabaya,”pungkasnya. (din/met)