Soni: Banyak SKPD Belum Sampaikan Renja 2021

KEGIATAN : Forum konsultasi publik perencanaan awal renja RKPD di ruang rapat BP3D, Selasa (17/3).

JAILOLO – Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum menyampaikan rencana kerja (renja) tahun 2021 kepada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Pemkab Halbar. Hal ini membuat usulan kecamatan yang disampaikan saat musrenbang belum diverifikasi dan belum terkaver dalam RKPD.”SKPD belum menyampaikan renja awal, sehingga kita juga belum bisa input kegiatan, karena yang diinput itu harus sinkron dengan usulan kegiatan dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pusat,”kata Kepala BP3D Soni Balatjai dalam forum konsultasi publik perencanaan awal renja RKPD di ruang rapat BP3D, Selasa (17/3).

       Karena itu, mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Pemkab Halbar ini mengharapkan agar pada kegiatan forum SKPD yang akan dilaksanakan pekan depan itu semua renja awal SKPD sudah harus masuk. Ini dimaksudkan agar sinkronisasi kegiatan bisa dilakukan dan sudah bisa diinput untuk dibahas pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat kabupaten.

       Sementara Asisten I Setdakab Halbar Vence Muluwere menambahkan, setiap perencanaan mengacu pada aturan atau regulasi yang ada, sehingga tahun 2021 perencanaan harus dirancang terlebih dahulu di BP3D. Tujuannya agar proses pembangunan kedepan bisa sinkron.”Melalui forum konsultasi publik ini pimpinan SKPD dan semua stakeholder  memberikan masukan, sehingga perencanaan 2021 tidak keluar dari koridor perencanaan yang telah disusun,”pungkasnya. (din/met)