Penumpang KM Al-Sudais Diperiksa

PEMERIKSAAN : Penumpang KM Al-Sudais yang baru tiba dari Manado menjalani pemeriksaan di pos terpadu Pelabuhan Jailolo sebagai upaya pencegahan Covid-19, Selasa (17/3)

JAILOLO – Tim Satuan Gugus (Satgus) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat mulai beraksi, Selasa (17/3). 45 penumpang KM Al-Sudais yang baru tiba dari Manado Sulawesi Utara (Sulut) kemarin, langsung diperiksa saat melewati pos terpadu kesehatan di Pelabuhan Jailolo.”Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan Covid-19 sesuai hasil rapat koordinasi pemkab dan Forkopimda yang menetapkan Halmahera Barat sebagai status siaga penyebaran virus,”kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Rosfince Kalengit yang dikonfirmasi, Selasa (17/3).

    Tim satuan gugus yang ditempatkan di pos terpadu pelabuhan ini terdiri dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah kerja Jailolo, Dinas Kesehatan dan petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP).”Jadi tim ini selalu siaga di pelabuhan, sehingga ketika kapal dari Manado masuk, penumpangnya langsung diperiksa suhu badannya menggunakan alat thermoscan,”ujarnya. Rosfince mengatakan pantauan perdana sekaligus pemeriksaan yang dilakukan tim itu hasilnya semua penumpang tergolong normal dan tidak ditemukan suhu tubuh yang tidak normal.”Semuanya masih terpantau aman dan bisa dipastikan tidak ada suspect ataupun Covid-19 yang masuk di Halbar,”ungkapnya.

       Pemeriksaan dilakukan bukan saja terhadap warga yang baru tiba dari Manado, tetapi pejabat daerah yang bepergian di Jakarta, kembalinya akan diperiksa suhu tubuhnya untuk memastikan adanya virus corona atau tidak.  Karena itu, tim yang sudah dibentuk ini diharapkan bekerja maksimal. Sehingga dimintakan kepada masyarakat agar tidak panik dengan beredarnya informasi dari luar terkait covid-19, karena informasi resmi ada di tim satgus penanganan virus.”Makanya tadi (kemarin, red) pak Kadishub Suwandi Hi Gani yang baru tiba dari Jakarta dan menghadiri pertemuan di kantor BP3D, diminta kembali ke rumah dan beristirahat sejenak untuk memastikan kondisi tubuh. Setelah itu baru kembali beraktivitas,”ujarnya.

       Sementara Kepala UPP Jailolo Rahman Soamole menambahkan, saat ini sudah ada edaran terkait instruksi pencegahan masuknya covid-19 di Halbar. Karena itu, setiap kapal yang masuk melalui pelabuhan penyebarangan Jailolo, penumpang yang turun akan diperiksa menggunakan alat thermoscan.”Kami juga sudah sampaikan surat edaran ke tiga kapal rute Jailolo-Manado. Yakni  KM. Permata Obi, KM Permata Bunda dan Al-Sudais.”Surat edaran itu kami pertegas bahwa pihak kapal harus menyediakan masker bagi orang sakit dan pendamping orang yang sakit dan juga harus menyediakan air bersih di atas kapal. Apabila ada kapal yang tidak mengikuti imbauan ini maka akan diberi sanksi,”tegasnya. (din/met)