Penumpang Dari Manado Diperiksa

PEMERIKSAAN : Petugas saat memeriksa penumpang KM Permata Obi yang tiba dari Manado di Pelabuhan Jailolo, Kamis (19/3) kemarin.

JAILOLO – Tim satuan gugus tugas (satgus) penanganan coronavirus (covid-19) di Halmahera Barat (Halbar) kembali memeriksa penumpang KM Permata Obi yang tiba dari Manado Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (19/3). Penumpang yang jumlahnya 73 orang itu diperiksa suhu tubuhnya menggunakan alat thermoscan. Upaya ini dilakukan untuk mendeteksi apakah penumpang yang turun di Pelabuhan Jailolo ini memiliki gejala covid-19 atau tidak.

    Selain penumpang, tim satgus juga naik ke kapal memeriksa kondisi kesehatan ABK.”Sebanyak 73 penumpang termasuk ABK yang diperiksa, semuanya memiliki suhu tubuh normal dan tidak ada gejala aneh yang terlihat,”kata juru bicara (jubir) Satgus Penanganan Covid-19 Rosfince Kalengit. Pemeriksaan rutin akan terus berlanjut sebagai bentuk pencegahan dini masuknya covid-19 di wilayah Halmahera Barat.

       Terpisah Asisten I Setdakab Halbar Vence Muluwere menambahkan, pemeriksaan rutin dilakukan sebagai bentuk ikhtiar untuk mencegah penyebaran coronavirus. Pemkab sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam beraktivitas di luar Halbar. Selain itu, warga juga diminta tidak panik dengan informasi covid-19.”Harus lebih bijak menerima informasi. Jangan asal terima, karena belum tentu benar,”harapnya. (din/met)