1 ODP Corona Dirawat

Ilustrasi covid-19

JAILOLO – Satu lagi pasien kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) covid-19 menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo. Pasien belum dirujuk ke RSUD Chasan Boesoiri Ternate karena bisa jadi gejalanya bukan covid-19.”Setelah ada satu pasien yang sudah dirujuk ke Ternate, kini ada pasien dengan kategori ODP yang sementara dirawat,”kata Juru Bicara Tim Satuan Tugas Rosfince Kalengit yang dikonfirmasi, Jumat (20/3).

    Direktur RSUD Jailolo dr Syafrullah Radjilun yang dikonfirmasi mengatakan pasien tidak dirujuk ke Ternate karena gejalanya hanya demam biasa."Kita masih tetap mengawasi perkembangannya,”ungkapnya. Pasien ini ditetapkan sebagai ODP karena baru kembali dari daerah terjangkit sehingga harus diawasi."Kita doakan saja semoga tidak apa apa, dan masyarakat jangan terlalu panik dengan kondisi yang ada karena kami akan tetap bekerja sesuai protap yang ditetapkan,"ujarnya.

       Sementara dengan dirawatnya pasien ODP ini, RSUD mulai membatasi jam besuk keluarga pasien. Ini sesuai surat edaran Direktur RSUD Nomor : 445/168.a/RSUD/2020. Edaran tersebut sesuai imbauan pemerintah untuk membatasi aktivitas sebagai langkah pencegahan penyebaran covid 19."Jadi untuk saat ini kami meniadakan jam besuk pasien mulai tanggal 20 kemarin hingga batas waktu yang belum ditentukan,"jelasnya.

    Pasien yang dirawat hanya bisa ditemani oleh satu penunggu dengan mengenakan kartu penunggu yang diberikan rumah sakit."Langkah ini kita lakukan untuk mensterilkan suasana rumah sakit dan mecoba menangkal penyebaran virus corona,"katanya. Karena itu, diharapkan kepada masyarakat agar bisa memaklumi edaran yang semata-mata untuk menjaga keselamatan semua pihak dan upaya mencegah coronavirus. (din/met)