Rusunawa Dijadikan Tempat Isolasi PDP Corona

Rusunawa Desa Acango Jailolo

JAILOLO – Tim Satuan Gugus (Satgus) penanganan coronavirus (covid-19) terus berupaya mengatasi penyebaran virus di Halmahera Barat. Beberapa langkah yang dilakukan adalah penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, jalan umum dan pekarangan warga, tim juga berupaya mengadakan alat pelindung diri (ADP) dan thermo scanner.”Kita akan terus memaksimalkan semua peralatan untuk pencegahan covid-19 sehingga dimintakan kepada masyarakat agar mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus,”harap Ketua Satgus Syahril Abd Radjak yang dikonfirmasi, Kamis (26/3).

    Orang nomor tiga di Pemkab Halbar ini menambahkan, upaya lain yang akan dimaksimalkan adalah menambah ruang isolasi untuk menjaga agar kedepan membludaknya Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di RSUD Jailolo itu bisa diatasi. Karena saat ini di RSUD sendiri hanya bisa menyiapkan 6 ruangan isolasi.”Harapan kita tidak ada PDP di Halbar. Jika kedepan membludaknya PDP maka tempat cadangan yang akan disiapkan adalah Rusunawa di Lapangan Sasadu Lamo Desa Acango Kecamatan Jailolo dengan kapasitas 90 kamar. Sementara pasien yang masuk masa pemulihan digunakan Guest House Dinas Pertanian di Desa Acango dengan kapasitas 15 kamar,”ucapnya.
    Karena itu, masyarakat juga diharapkan turut berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penularan coronavirus. Partisipasi yang dilakukan, yakni tetap berdiam diri di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran.”Intinya tetap berada di rumah, sebelum pemerintah mencabut status darurat penyebaran coronavirus,”pungkasnya. (din/met)