Lagi, 1 PDP Dirujuk ke Ternate

Speedboat yang digunakan untuk merujuk pasien

JAILOLO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo Halmahera Barat (Halbar) kembali merujuk satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) coronavirus (covid-19) ke RSUD Chasan Boesoiri Ternate, Sabtu (28/3) malam. Pasien PDP asal Kecamatan Ibu itu memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta beberapa waktu lalu. Setelah tiba di Kecamatan Ibu, pasien jatuh sakit dengan riwayat sakit batuk lendir, demam, mual, muntah dan suhu badan 38 derajat.

    Pasien sebelumnya dirawat di Puskesmas Ibu, kemudian, Kamis (26/3) dirujuk ke RSUD Jailolo dan mendapat perawatan selam dua hari. Selama perawatan tidak ada perkembangan yang signifikan sehingga RSUD memutuskan untuk merujuk ke Ternate untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Apalagi RSUD Chasan Boesoiri merupakan salah satu RSUD rujukan penanganan covid-19.”Semoga hasil pemeriksaannya pasien baik-baik saja,”kata Juru Bicara Satuan Gugus (Satgus) Penanganan Covid-19, Rosfince Kalengit yang dikonfirmasi, Minggu (29/3).

    Sebelumnya di Halbar ada satu dengan status PDP yang juga dirujuk ke RSUD Chasan Boesoiri bebrapa waktu lalu. Namun dari hasil pemeriksaan dan hasil sampel darah yang dikirim ke Jakarta hasilnya negatif, sehingga saat ini di Halbar baru satu orang dengan status PDP.”Belum ada penambahan pasien PDP karena pasien yang satu sudah dinyatakan negatif,”jelasnya. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab Halbar ini juga meminta masyarakat tidak panik dan selalu menjaga kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, sehingga tujuan memutus mata rantai penyebaran coronavirus ini bisa berhasil.”Tetap berada di rumah adalah langkah yang baik, karena kesehatan harus berawal dari kita sendiri dan untuk keluarga kita,”ucapnya. (din/met)