Warga Karantina Mandiri 431 Orang

Rosfince Kalengit

JAILOLO – Jumlah warga yang menjalani karantina mandiri di Halmahera Barat (Halbar) bertambah menjadi 431 orang. Bertambahnya jumlah ini karena warga yang datang dari daerah terjangkit virus juga terjadi setiap saat.

       Sebelumnya data yang dirilis tim Satuan Gugus (Satgus) Covid-19, Kamis lalu, jumlah warga yang karantina mandiri baru 110 orang. Tetapi hingga, Rabu (1/4) kemarin jumlah ini naik signifikan mencapai 431 orang. Selain itu, jumlah warga yang masuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 menjadi 12 orang. Sementara pada Jumat pekan lalu jumlah ODP ini baru 2 orang. Sementara warga dengan status Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 1 orang yang saat ini menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoirie Ternate.”Di Halbar belum ada yang positif covid-19. Yang ada hanyalah 1 PDP yang sudah dinyatakan negatif dan sudah keluar dari RSUD Chasan Boesoeri. Sementara warga dengan status ODP yang selesai dalam pemantauan sebanyak 3 orang,”kata jurus bicara Satgus Covid-19 Halbar Rosfince Kalengit kepada wartawan, Rabu (1/4).

    Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab Halbar ini menambahkan, pengawasan pintu masuk di pelabuhan akan terus dioptimalkan sehingga setiap warga yang baru datang akan dites menggunakan Thermal Screening untuk memastikan kondisi suhu tubuhnya.”Prinsipnya kita tetap berupaya melakukan pengawasan, sehingga penularan wabah coronavirus di Halbar bisa dicegah,”tandasnya. Halbar saat ini kata Rosfince masih kategori aman. Tetapi ikhtiar terus dilakukan dengan cara tetap berdiam diri di rumah.”Kami juga berharap warga untuk tetap menjaga kesehatan dan jika ada gejala sakit batuk dan sesak napas segera mendatangi petugas kesehatan untuk diperiksa,”harapnya. (din/met)