Tarif Speedboat Dikeluhkan


JAILOLO – Tarif speedboat Ternate – Jailolo kembali dikeluhkan warga. Ini karena sebagian ABK speedboat masih saja menaikkan tarif sepihak yang tidak sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang penetapan tarif Jailolo – Ternate Rp 60 ribu per orang.”Saat kami dari Ternate – Jailolo, Kamis lalu kami ditawari tiket dengan harga Rp 100 ribu, karena alasan mereka sudah tidak ada lagi speedboat yang menjual tiket Rp 60 ribu, sehingga dengan terpaksa harus membeli tiket yangt ditawarkan,”keluh Rahman salah satu warga kepada Malut Post, Minggu (5/4).

     Karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Halbar diminta berkoordinasi dengan Dishub Kota Ternate untuk menertibkan speedboat tersebut. Selain itu, petugas pelabuhan di Kota Ternate juga harus ketat dan tidak membiarkan ABK speedboat menaikkan tarif sepihak.”Masyarakat saat ini lagi susah menghadapi penyebaran virus corona. Jadi jangan bebankan lagi dengan harga tiket yang tidak masuk akal,”ucapnya.

       Sementara Kadishub Halbar Suwandi Hi Gani yang dikonfirmasi mengatakan, keluhan kenaikan tarif tersebut sudah disampaikan berulangkali dan sudah dilakukan pengecekan di lapangan. Ketika ditemukan harga tiket Rp 100 ribu itu atas kesepakatan penumpang dan motoris speedboat.”Jadi tidak ada yang menaikkan tarif. Jika sesuai antrian, loket menjual tiket hingga full penumpang. Namun biasanya ada penumpang yang tidak sabar menunggu lalu memilih membeli tiket dengan harga 100 ribu, sehingga penumpang 10 orang langsung berangkat,”pungkasnya. (din/met)