Longsor di Halbar, Dua Rumah Tertimpa Bukit

Kondisi dapur rumah salah satu warga yang tertimpa longsor. (ISTIMEWA)

Jailolo, malutpost.id - Diguyur hujan deras selama beberapa jam, bukit dekat pemukiman warga Desa Tolofuo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara mengalami longsor. Akibatnya, dapur rumah milik Rakip Umar dan Apsiran Apsa ambruk tertimpa tanah. 
 
"Longsor terjadi akibat hujan deras disertai angin kencang, sehingga dapur rumah pak Rakip dan Apsiran ambruk," ungkap salah satu aparat Desa Tolofuo Harmin Mucsin kepada malutpost.id, Senin (8/6).
 
Harmin menambahkan, longsor di wilayah desa Tolofuo sudah sering kali terjadi kala hujan, untuk itu warga berhara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar segera membangun talud penahan tanah.
 
"Disekitar bukit ini ada beberapa rumah, jadi antisipasi dan perhatian pemkab sangat dibutuhkan, karena musibah datang kita tidak tahu. Saat longsor terjadi juga pemilik rumah tidak berada di dapur, sehingga tidak ada korban jiwa," katanya.
 
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Halbar, Imran Lolori dikonfirmasi membenarkan adanya longsor di Desa Tolofuo, namun pihaknya belum bisa terjun ke lokasi bencana, karena kondisi cuaca tidak memungkinkan.
 
"Saya sudah komunikasi dengan camat untuk turun melakukan pengecekan dan mengambil data, sehingga bisa dihitung jumlah kerugian yang dialami akibat bencana longsor di Desa Tolofuo," pungkasnya. (din)
 
 
-
Peliput : Samsudin Chalil
Editor   : Ikram Salim