Dokumen Dua Bapaslon Kada Halbar Dinyatakan Lengkap

Suasana pendaftar Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati di kantor KPU Halbar, Sabtu (5/9/2020). (Foto: Sudin/malutpost.id)

Jailolo, malutpost.id – KPU Halmahera Barat (Halbar), secara resmi menerima dokumen syarat pencalonan dua bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil Bupati Halbar, Sabtu (5/9/2020).

Dokumen syarat pencalonan dua bapaslon yang telah diterima oleh KPU Halbar itu adalah pasangan James Uang-Djufri Muhammad (JUJUR) dan Danny Missy-Imran Lolori (DAMAI).

Bapaslon DAMAI sendiri mendaftar di hari pertama, Jumat 4 September 2020, namun dokumen pencalonan belum lengkap sehingga dikembalikan dan Sabtu tadi telah dinyatakan lengkap oleh KPU.

Selain pasangan DAMAI, pasangan JUJUR yang mendaftar pada Sabtu (5/9/2020) juga telah lengkap. ”Pendaftaran hari pertama, dokumen bapaslon DAMAI belum lengkap, sehingga dikembalikan untuk dilengkapi, tapi hari ini, dokumen tersebut sudah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU, bersamaan dengan dokumen bapaslon JUJUR yang mendaftar hari ini,” ungkap Ketua KPU Halbar Miftahudin Yusup, saat melakukan jumpa pers di media center KPU Sabtu tadi.

Miftahudin menambahkan, setelah dokumen persyaratan pencalonan dan dokumen persyaratan kelengkapan calon dinyatakan lengkap, selanjutnya KPU menyerahkan surat keterangan pemeriksaan kesehatan dan narkotika kepada bapaslon.

”Jadi kami berharap kepada bapaslon yang belum mendaftar dan akan mendaftar dihari terakhir untuk melengkapi berkasnya, karena di hari terakhir tidak ada lagi waktu perbaikan berkas pencalonan,” katanya.

Sementara Komisioner KPU Devisi Teknis Yanto Hasan menjelaskan, bspaslon yang mendaftar dihari terakhir harus melengkapi semua dokumen pencalonan, karena disaat mendaftar kemudian dilakukan verifikasi berkas dan ditemukan ada dokumen belum lengkap, maka berkas pencalonan ditolak, karena tidak ada lagi waktu perbaikan berkas.

”Jadi kami berharap, Bapaslon yang mendaftar hari terkahir, agar sebisa mungkin melengkapi berkasnya, sehingga langsung diterima KPU,”pungkasnya. (din)

 

-

Peliput : Samsudin Chalil

Editor   : Ikram