Lima Hari, 14 Warga Halbar Positif Covid

Rosfintje Kalengit. (istimewa)

Jailolo, malutpost.id -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Halmahera Barat meminta warga yang beraktivitas di luar rumah agar tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Pasalnya, penyebaran virus tersebut masih ditemukan, bahkan peningkatannya terbilang signifikan dibanding awal penyebarannya."Kita di Halbar sejak 15-20 Januari lalu ditemukan 14 warga positif Covid-19 yang saat ini menjalani karantina rumah, karena karantina terpusat sudah ditiadakan,"kata Kepala Dinas Kesehatan Halbar Rosfintje Kalengit di ruang kerjanya, Senin (25/1/2021).

Untuk mencegah penyebarannya, warga diminta menerapkan 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai masker)."Sekalipun sudah tidak percaya adanya covid, tetapi protokol kesehatan selalu diterapkan,"harapnya.

Selain itu, mantan Kepala BKKBD Halbar ini meminta warga setiap harinya beraktivitas di luar rumah, agar ketika pulang rumah harus menerapkan protokol masuk rumah. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus kepada keluarga."Karena yang kita takut itu klaster keluarga. Memang dari awal hingga kini kami terus berikan pemahaman tentang pentingnya protokol kesehatan, tetapi sebagian masyarakat sudah tidak mau menaati,"ungkapnya.

Rosfintje bilang, saat ini masing-masing puskesmas selalu memberi pemahaman tentang pentingnya prokes covid. Paling tidak untuk melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain dari penyebaran virus."Sosialisasi melalui kegiatan posyandu maupun kegiatan lain yang dilakukan puskesmas,"ucapnya.

Bahkan, di tempat pelayanan diterapkan protokol kesehatan. Mulai dari pakai masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun."Yang tidak mematuhi protokol kesehatan tidak dilayani. Tujuannya agar warga juga sadar bahwa protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah penyebaran virus korona,"pungkasnya sembari meminta satuan tugas (satgas) covid diaktifkan kembali. (met)


-

Peliput : Tim

Editor   : M. Nur Husen