Bupati Tekankan Usulan Musrenbang Disesuaikan Anggaran

Bupati James Uang saat membuka forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sahu Timur, Senin (15/3). (istimewa)

Jailolo, malutpost.id --  Bupati Halmahera Barat (Halbar) James Uang meminta usulan program dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) disesuaikan dengan besaran anggaran.

"Kalau anggarannya kecil, jangan buat program besar yang nantinya tidak direalisasikan,"tegas bupati saat membuka forum Musrenbang Kecamatan Sahu Timur, Senin (15/3).

Hal seperti ini kata bupati, harus menjadi perhatian bersama. Baik pemerintah kecamatan dan desa maupun Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (BP3D) tingkat kabupaten.

"Manfaatkan forum ini untuk mengusulkan program yang dianggap prioritas menyentuh kepentingan masyarakat.Kalau program yang diusulkan besar, sementara porsi anggarannya kecil sudah pasti ada program yang tidak terealisasi,"jelas James.

Mantan Wakil Ketua DPRD Halbar ini berharap kecamatan merencanakan programnya dengan baik agar pembangunan juga berjalan baik.

Misalnya, berapa yang dicover melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten, APBD provinsi maupun APBN. "Jika usulannya sinkron maka bisa diakomodir secara bertahap,"jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Pemkab Halbar ini meminta anggota DPRD khususnya daerah pemilihan II menghadiri Musrenbang. "Tujuannya agar aspirasi dari DPRD juga masuk dalam perencanaan Musrenbang,"pungkasnya. (met)


-

Peliput : Tim

Editor   : M Nur Husen