Sebanyak 31.687 Warga Belum Perekaman e- KTP

SERAH:Sekretaris Dukcapil, Mahmud Samiun saat menyerahkan secara simbolis, e-KTP terhadap salah satu warga Halsel yang sebelumnya hanya dibekali Suket pasca perekaman.

LABUHA-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mengalami kekosongan stok blanko e-KTP. Kondisi ini berlangsung hampir kurang lebih dua bulan.

Akibatnya, warga yang telah melakukan perekaman hanya bisa dibekali dengan Surat Keterangan (Suket) dalam setiap kepengurusan. Namun kini, sebanyak 5000 keping blanko e-KTP sudah disediakan Dukcapil. Demikian disampaikan Sekretaris Dukcapil, Mahmud Samiun saat dikonfirmasi Kamis (12/3). "Jadi warga yang hanya menggunakan Suket sudah bisa mengambil e -KTP karena blangko sudah tersedia,”imbaunya. Disebutkan Mahmud, total masyarakat kabupaten Halsel yang sudah wajib mengantongi e-KTP berjumlah 171.830 jiwa. Dari total ini, baru sekitar 140.183 jiwa yang melakukan perekaman e-KTP. Praktis, masih sekitar  31.687 jiwa yang belum melakukan perekaman. "Jadi yang belum kami himbau segera melakukan perekaman,”pungkasnya.(sam/aji)