Optimalkan Fungsi Pengawasan, Bawaslu Sisir Kecamatan

Bawaslu Halsel saat menghadiri rapat koordinasi. (ISTIMEWA)

Labuha, malutpost.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan mengoptimalkan pengawasan jelang pemutakhiran data pemilihan bupati dan wakil bupati Halsel 2020. 
 
Bawaslu Halsel di bawah pimpinan Kahar Yasin akan turun langsung ke kecamatan dimulai dari Kecamatan Obi dan Gane Barat Utara.
 
Ahad (5/7) Bawaslu menghadiri rapat koordinasi  mengoptimalkan fungsi pengawasan pada jajaran Pengawas Pemilu Lapangan (PPL)  se-Kecamatan Gane Barat Utara terkait persiapan pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih  di Desa Dolik. Di hari yang sama Bawaslu juga hadir dalam rapat koordinasi pemutakhiran data di Desa Laiwui Kecamatan Obi. 
 
Ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasin dalam arahannya menekankan kepada panwas desa agar fokus pada elemen data yakni meninggal,  pindah, dan tidak dikenali serta pemilih pemula,  pensiunan TNI/Polri yang telah pensiun dan masyarakat pemilih yang berubah status menjadi TNI/Polri. 
 
"Pada saat PPDP melakukan pencoklitan pada tanggal 15 Juli-13 Agustus sebagaimana ketentuan jadwal yang tercantum dalam PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) Nomor 5 Tahun 2020," jelas Kahar.
 
Sementara Ketua Panwaslu Obi Rifai Hi. Ali mengatakan,  pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Bawaslu yang telah hadir di Kecamatan Obi untuk memberikan pengarahan kepada PPL. 
 
"Berharap kepada PPL agar kiranya setelah rakor ini melaksanakan tugas untuk mengawasi pencoklitan," ujarnya. 
 
Senada, Ketua Panwaslu Gane Barat Utara Muhammad Mahmud berharap setelah mendapat arahan langsung dari pimpinan Bawaslu, jajaran PPL bisa lebih aktif dalam melakukan tugas pengawasa. "Kami berharap kepada PPL agar melakukan pengawasan pencoklitan ini dengan baik sehingga pada saat penyusunan  data ini semua warga dapat terdaftar dalam DPT," tandasnya. (sam)
 
 
 
-
Peliput : Samsir Hamajen
Editor   : Ikram