Para Pedagang Mengotori Area Swering Pantai Mongga Labuha, Apa Tindakan Pemerintah Kota Labuha ?

Ilustrasi sampah. (istimewa)

Labuha, - Swering Pantai Mongga Kota Labuha adalah salah satu tempat untuk bersantai atau tempat dimana para penduduk Kota Labuha untuk duduk berkumpul menikmati pantai dan bisa dibilang menjadi salah satu tempat wisata di kota labuha.

Namum kini swering Pantai Mongga tersebut yang biasanya bersih dan menjadi tempat bersantai kini telah di kotori oleh beberapa pedagang sayur, buah, Dll. Dimana sampah-sampah kering dan basah bertebaran dimana-mana, Bau busuk yang dihasilkan dari buah atau sayur yang sudah membusuk membuat tempat itu tidak layak untuk bersantai atau berkumpul sehingga para penduduk lebih memilih bersantai di swering pantai Mandawong yang tempatnya tidak jauh dari swering Pantai Mongga.

Para pedagang berjualan di swering pantai Mongga ini biasanya menjual dagangannya di pasar lama Tembal tetapi pasar tersebut sudah di bongkar di pindahkan ke pasar baru yang terletak di Panamboang. Pada awal pemindahan Pasar Tembal, para pedagang tidak mau pindah dan bahkan melakukan demo kepada petugas.

Pemerintah kabupaten sudah membangun pasar baru dan juga mall yang terletak di Panamboang dengan rencana untuk menjadikan desa panamboang sebagai tempat Bisnis.Center. Semua kegiatan jual beli yang ada di Pasar Tembal sudah tidak lagi dilakukan karena tempat tersebut sudah ditutup dan para pedagang dipindahkan ke pasar baru Panamboang.

Pada awal pemindahan pasar terjadi adumulut antara pedagang dengan petugas tetapi akhinya para pedagang memilih pindah ke Pasar Panamboang juga. Pada minggu pertama kegiatan jual beli di pasar baru Panamboang berjalan dengan lancar dan ramai mungkin karena fasilitas pasar yang lebih bagus dan bersih dari pasar lama Tembal sehingga banyak pengunjung atau pembeli penasaran ingin melihat dan membeli di pasar baru tersebut, dan terlebih lagi pasar tersebut berdekatan dengan Mall yang baru dibangun dan direncanakan akan segera diresmikan.

Tetapi satu bulan kemudian pasar tersebut mulai sepi pengunjung dan pembeli dengan alasan letak pasar tersebut jauh dari pusat kota dan harga transportasi ke pasa tersebut agak sedikit mahal jadi membuat para pembeli tidak mau berbelanja di pasar baru tersebut dan memilih berbelaja di pasar kecil-kecilan yang ada di dekat kota. Karena sepi pengunjung para pedagang merasa dagangannya tidak Laris bahkan sampai dagangannya membusuk membuat para pedagang menjadi rugi sehingga para pedagangan pindah ke swering Pantai Mongga untuk melakukan kegiatan jual beli karena tempat itu dianggap sangat strategis sehingga akan banyak pembeli maupun pengunjung berdatangan untuk membeli dagangan mereka.

Saat para pedagang melakukan jual beli di swering Pantai Mongga, pemerintah setempat mengarhkan petugass untuk melarang para pedagang berjualan di tempat itu tetapi para pedagang bersikeras untuk tidak mendangarkan para petugas dan memilih untuk berdagang tempat tersebut.

Apakah tindakan Pemerintah Kota Labuha masih kurang baik, Atau perlunya Pembangungan Pasar di beberapa titik agar Memudahkan para penduduk untuk berbelanja lebih mudah tampa dengan ongkos transportasi yang mahal, terlebih lagi untuk membuat pedagang menjadi tidak rugi karena pasar yang sangat jauh dan sepinya pembeli. Dan terlebih lagi dengan adanya pembangunan pasar di beberapa titik mungkin bisa mengembalikan para pedagang yang berjualan di Area Swering Pantai Mongga sehingga tempat tersebut bisa jadikan tempat bersantai para penduduk seperti semula.