Penerbangan Manado-Lelilef Ditutup

SOSIALISASI: Petugas kesehatan saat menggelar sosialisasi pencegahan virus corona di Pasar Fidi Jaya Kecamatan Weda, Selasa (17/3) kemarin

WEDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah serius mencegah virus corona (covid-19) yang sudah menyebar di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut adalah lockdown atau mengunci akses penerbangan Manado-Lelilef."Ini terpaksa dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 melalui bandara,”kata Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani, Selasa (17/3).

    Selain lockdown, orang nomor dua di Pemkab Halmahera Tengah ini juga meminta Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang baru saja kembali dari perjalanan keluar daerah agar segera melapor ke Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk diperiksa.”ASN untuk sementara waktu belum bisa keluar daerah. Bagi yang keluar daerah dan kembali ke Weda agar melaporkan ke Dinas Kesehatan maupun RSUD untuk dilakukan pemeriksaan sebelum kembali ke rumah maupun kantor,"tegasnya.

    Karena itu, pemkab juga sudah melakukan sosialisasi tentang virus corona di sekolah-sekolah, pasar dan tempat umum lainnya."Kita juga bentuk satuan tugas (satgas) pengendalian covid-19 dan menyediakan ruangan khusus (isolasi) di RSUD Weda,"ujarnya. Terlepas dari itu, Wabup meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran covid-19 ini bisa dihindari. (mpf/met)