Warga Dusun Sif Halteng Minta Dimekarkan

Asrul Alting

Weda, malutpost.id - Masyarakat Dusun Sif, Kecamatan Patani menemui Komisi I DPRD Halmahera Tengah, Rabu (9/7/2020). Dalam pertemuan itu mereka meminta dukungan Komisi yang membidangi pemerintahan itu agar Dusun Sif yang selama ini berada di bawah Desa Kipai dimekarkan menjadi Desa.  
 
Menanggapi itu Ketua Komisi I DPRD Halteng, Asrul Alting menyampaikan, Komisi I mendukung pemekaran dusun Sif menjadi desa. 
 
Komisi I, kata Asrul, pernah melakukan monitoring ke wilayah patani dan beberapa desa di wilayah Kecamatan Weda. Dalam kunjungan itu ada beberapa desa yang sudah layak dimekarkan. Hanya saja, desa tersebut belum menunjukkan data administrasinya. 
 
"Memang ada beberapa desa yang sudah layak dimekarkan hanya saja dari desa tersebut belum menunjukan data administrasinya," ujar Asrul, Kamis (9/7/2020). 
 
Asrul bilang, data tersebut sangat dibutuhkan dalam administrasi kependudukan, seperti data tata batas, peta dan jumlah penduduk. Data administrasi ini lanjutnya, merupakan salah satu persyaratan pemekaran, utamanya jumlah penduduk dan KK di desa tersebut.
 
"Jika telah memenuhi syarat, maka sudah selayaknya untuk dimekarkan agar bisa meningkatkan kehidupan masyarakatnya," terang politisi PDIP itu.  
 
Komisi I melihat dokumen yang diajukan oleh tim pemekaran dari Desa Sif agak lengkap, tetapi akan dikaji dulu bersama pemerintah daerah. "Kalau kita di DPRD pada intinya mendukung pemekaran wilayah demi kesejahteraan masyarakat," katanya. 
 
Pihaknya akan mengundang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Halmahera Tengah, untuk membicarakan kaitan dengan tuntutan masyarakat desa sif. (mpf)
 
 
 
-
Peliput : Fahrudin Udi
Editor   : Ikram