Sejumlah Komunitas Dilatih Untuk Pemandu Wisata

Sejumlah komunitas generasi muda dilatih pemandu wisata

Weda, malutpost.id - Dinas Kebudayaan Pariwisata Halmahera Tengah, menggelar pelatihan pemandu wisata Geopark, Jumat (8/8/2020). 
 
Kegiatan itu pesertanya diambil dari sejumlah komunitas yang ada di Halmahera Tengah. Yakni komunitas Ngakurasai, Genpi (Gernerasi Pesona Indonesia), Cipal dan Komunitas Pencinta Alam (KPA)  Bokimoruru dan GWSS (Gerakan weda sadar sampah). 
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Husain Ali menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) guna pengusulan Goa Boki Moruru sebagai kawasan Geopar.
 
"Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia pariwisata Halmahera Tengah yang berbasis komunitas anak muda untuk berpartisipasi aktif dalam program pembangunan kepariwisataan. Sekaligus mempersiapkan percepatan program pengusulan Geopar dan ini didukung penuh oleh kementerian pariwisata," ujar Kadis. 
 
Pengusulan kawasan bentangan alam Goa Bokimoruru sebagai kawasan Geopark ini perlu didukungan juga dengan SDM yang masyarakatnya. "Karena itu komunitas ini dibina untuk dipersiapkan sehingga suatu saat nanti mereka bisa menjelaskan ke masyarakat tentang apa itu Geopark," ucapnya. 
 
Halteng memiliki banyak komunitas dan itu levelnya sudah hampir sama dengan Ternate. Namun komunitas ini harus dirajut lagi kebersamaannya. 
 
"Banyak komunitas tetapi harus banyak kolaborasi. Meski banyak komunitas tetapi kalau banyak baku malawang itu sama saja. Kalau semakin banyak komunitasi berkreasi maka kita akan maju menunu gerbang kemerdekaan. Halteng harus jadi destinasi wisata dunia," tutup Kadis. (mpf)
 
 
 
-
Peliput : Fahruddin Udi