1.160 Vaksin Tiba Halteng


VAKSIN: Tim kesehatan Pemkab Halmahera Tengah (Halteng) saat menjemput vaksin Sinovac yang didistribusi tim Pemprov Malut, Kamis (28/1) kemarin.

WEDA – Jatah vaksin Sinovac Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) tiba, Kamis (28/1). Kedatangan vaksin yang jumlahnya 1.160 dosis ini dijemput tim kesehatan dan langsung diamankan di tempat penyimpanan dengan suhu 2-8 derajat.”Setelah tiba vaksin ini sesuai petunjuk provinsi akan didahulukan petugas kesehatan yang tersebar di puskesmas, klinik serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Tahap kedua TNI/Polri, pejabat negara dan pegawai fasilitas pelayanan umum,"kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Halteng Rijja Rajana yang dikonfirmasi, Kamis (28/1). 

Rijja mengatakan jumlah tenaga kesehatan 820 orang yang tersebar di puskesmas, klinik dan RSUD. Yakni puskesmass 528 orang, klinik 43 orang dan RSUD 231 orang. Jumlah Nakes ini jika dibandingkan dengan vaksin yang ada masih tersisa 222 dosis."Lokasi yang akan dilakukan vaksin adalah puskesmas,"ungkapnya. Meski demikian, 820 Nakes ini tidak semua akan divaksin. Karena ada tahapan tes kesehatan dan screening yang harus diikuti."Jadi kalau misalnya di tahapan ini ada yang tidak lolos berarti tidak akan divaksin. Pelaksanaannya juga akan dijaga TNI dan Polri,"ucapnya. (mpf/met)