Ciri Pelaku Orang Togutil


AKBP Nico Setiawan

WEDA – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Halmahera Tengah AKBP Nico A Setiawan mengaku ciri pelaku pembunuhan sadis di hutan Kali Gowonley Kecamatan Patani Timur sudah teridentifikasi. Pelakunya mengarah ke suku Togutil. Hal ini berdasarkan fakta hukum yang terkumpul saat penyelidikan yang dilakukan tim penyidik Polres Halteng.”Penegakan hukum tentu didasarkan atas bukti dan fakta hukum yang sudah ditemukan. Karena itu, masyarakat harus menghilangkan kecurigaan yang tidak ada fakta hukum,”tandas Kapolres saat mengunjungi masyarakat Patani Timur dan Patani Utara,  Jumat (26/3) akhir pekan. 

Menurutnya, jika pelaku diduga suku Togutil berdasarkan keterangan saksi korban selamat maka perlu dukungan fakta hukum. Tetapi jika kedepan ada indikasi pelakunya berasal dari kelompok lain, juga harus didukung pula oleh fakta hukum yang cukup."Fakta hukum yang sudah terkumpul saat ini, yakni ciri pelaku sudah teridentifikasi orang Togutil. Jadi masyarakat diminta tidak mengunjungi daerah hutan tersebut karena situasi belum aman,"harapnya. 

Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kapolres Haltim yang sudah berpengalaman menyelesaikan kasus serupa. Pendekatan terhadap suku pedalaman perlu dilakukan. Sebab suku tersebut tidak akan mengganggu jika tidak diganggu."Apa yang membuat mereka marah. Jadi motifnya juga masih dikaji, mengapa mereka melakukan ini,"ungkapnya. Ada simbol-simbol tertentu yang berlaku dalam komunitas suku Togutil yang harus dipahami dan disadari masyarakat. (mpf/met)