ODP Corona Haltim 19 Orang

Ilustrasi Virus Corona

MABA – Orang Dalam Pemantauan (ODP) coronavirus (covid-19) di Halmahera Timur (Haltim) bertambah. Sebelumnya hanya 13, kini meningkat menjadi 19 orang. Hal ini sesuai data yang diperoleh dari tim gugus tugas penanganan dan pencegahan coronavirus (covid-19).”Di Haltim saat ini masih status ODP. Sementara untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sampai sekarang belum ditemukan,”kata Kepala Gugus Tugas Covid-19, Hi Thamrin Bahara, Minggu (29/3).

    Thamrin mengatakan 19 orang yang statusnya ODP ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari dengan pengawalan ketat tenaga medis maupun aparat keamanan yang tergabung dalam tim gugus kerja.”Jadi mereka tidak diperkenankan beraktivitas di luar rumah. Bahkan berinteraksi dengan keluarga sendiri dalam rumah saja diminta untuk menjaga jarak,”ungkapnya. Saat ini kata Thamrin yang juga Asisten III Setdakab Haltim ini, khusus pencegahan, penanganan, penularan dan penyebaran covid-19, Pemkab Haltim menyediakan ruang karantina di Kota Maba.”Kalau ada masyarakat yang butuh karantina, mereka langsung ditampung di gedung malaria center di Kota Maba,”ujarnya.

    Rencananya Bupati Muhdin Ma’bud akan turun meninjau kesiapan dan kegiatan tim gugus kerja pencegahan bencana non alam virus corona di setiap posko yang tersebar di sejumlah titik dalam wilayah Halmahera Timur, Senin (30/3) hari ini. (ado/met)