Jumlah ODP dan OTG di Haltim Menigkat

Ilustrasi Virus Covid-19

MABA – Status Orang Dalam Pemantauan (ODP) coronavirus (covid-19) di Halmahera Timur sebanyak 48 orang. Jumlah ini sesuai hasil screening tim gugus tugas pencegahan covid-19 di setiap posko yang dilakukan, Rabu (1/4). Sementara status Orang Tanpa Gejala (OTG) mencapai 605 orang.”Dengan demikian screening secara keseluruhan sebanyak 653 orang,”kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Hi Thamrin Bahara, Rabu (1/4).

     Thamrin mengatakan peningkatan ODP dan OTG itu disebabkan karena meningkatnya jumlah pemudik mahasiswa asal Haltim yang berada di Kota Ternate dan luar Maluku Utara, serta sebagian masyarakat Halmahera Tengah (Halteng) yang melintasi pintu masuk Haltim.“Jadi masyarakat dan mahasiswa yang discreening, baik ODP dan OTG itu saat ini menjalani isolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari kedepan dengan pengawasan ketat dari petugas medis dan tim gugus tugas pencegahan covid-19,”ungkapnya.
    Karena itu, Asisten III Setdakab Haltim ini mengimbau untuk kebaikan bersama diharapkan pemerintah desa dan masyarakat ikut mengawasi orang-orang yang discreening dengan status ODP dan OTG.”Jika ditemukan ada gejala batuk, flu, dan demam panas tinggi segara dilaporkan kepada petugas terdekat. (ado/met)