Gubernur Lambat Lantik Pj Sekda, Pemkab Haltim "Sengsara"

Ketua Komisi III DPRD Haltim Ashadi Tajudin. (Foto: Malutsatu.com)

Maba, malutpost.id -- DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara mendesak Gubernur Abdul Gani Kasuba segera melantik Pj Sekretaris Daerah Haltim Ricky Chairul Richfat. 
 
Pasalnya, pasca meninggalnya mendiang Bupati Haltim Ir Muh. Din Mabud, roda pemerintahan berjalan tak lagi normal karena terjadi kekosongan jabatan kepala daerah. Sementara Sekda Haltim saat ini hanya berstatus pelaksana harian (Plh). 
 
"Tentu dari sisi kewenangan sangat terbatas. Kondisi ini harusnya direspons cepat oleh gubernur. Bukan terkesan mendiamkan, sudah cukup lama Pemkab Haltim tak punya kepala daerah. Ini berimbas pada jalannya roda pemerintahan dan pelayanan publik, karena itu Pj Sekda Haltim segera dilantik," desak Ketua Komisi III DPRD Haltim Ashadi Tajudin, kepada malutpost.id, Senin (20/9/2020). 
 
Menurutnya, keterbatasan wewenang Plh tidak hanya berdampak pada pelayanan publik dan jalannya pemerintahan, namun juga menghambat proses pengesahan APBD Perubahan 2020. Sebab, Plh tidak memiliki kewenangan  menandatangani dokumen APBD. 
"Untuk itu kami minta Pj Sekda Ricky Chairul Richfat segera dilantik. Apalagi sebelumnya gubernur telah memberikan persetujuan," tandas politisi Hanura ini. 
 
Senada, Ketua Komisi II, Mursid Amalan meminta gubernur tidak terkesan membiarkan kondisi pemerintahan di Haltim. 
 
"Untuk percepatan pengesahan APBD-P 2020, maka gubernur wajib segera melantik Ricky. Kami minta jangan dibiarkan berlarut-larut karena merugikan Pemda Haltim," pungkasnya.(ado)
 
 
 
-
Peliput : Muhammad Kabir
Editor   : Ikram