Pemuda Haltim Sambut Baik Siapa pun Caretaker Bupati

Zulkifli Djafar. (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id -- DPD KNPI Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menyambut baik caretaker bupati Haltim yang ditunjuk oleh Gubernur Maluku Utara. Penunjukkan caretaker ini menyusul Pilkada serentak 2020 yang juga berlangsung di Haltim.

Ketua DPD KNPI Haltim, Zulkifli Djafar mengatakan, ada beberapa hal mendasar yang mendorong KNPI Haltim menyambut kedatangan caretaker bupati, siapa pun itu, termasuk Buyung Radjilun.

Menurut dia, saat ini Haltim kekosongan pejabat strategis seperti bupati, wakil bupati, maupun sekretaris daerah (sekda). Sejak awal kekosongan kursi wakil bupati pada 2018, gubernur seharusnya telah mendesak bupati Haltim saat itu untuk mengisi kekosongan yang ada.

Selain itu, Haltim saat ini seakan tersandera karena Sekda Abd. Nasar yang diharapkan menjadi pengendali birokrasi akibat kekosongan yang ada, justru ikut maju bertarung sebagai calon bupati Haltim.

"Demi mamastikan keberlangsungan tata kelola pemerintahan dan aktivitas pelayanan publik tetap berjalan, maka menjadi sebuah keniscayaan hadirnya carateker Bupati Haltim," tandas Zulkifli.

Dia menambahkan, ketidakpastian dan kecemasan publik akibat Pandemi Covid-19 yang masih terus mewabah hingga kini, tampuk kekuasaan di Haltim tidak boleh dibiarkan kosong. Pengisian kekosongan denga cepat secara langsung akan ikut mendorong upaya memutus mata rantai Covid-19.

Sementara terkait stabilitas politik dan kemanan rakyat, baik sebelum maupun setelah pilkada 2020, harus menjadi pertimbangan Gubernur Malut dalam proses pengisian carateker bupati Haltim. Hal itu dimaksudkan agar tampuk kepemimpinan yang ada dapat mengawal dan memastikan pesta demokrasi sebagai wujud konstitusional rakyat dapat berjalan dengan lancar, aman dan sejuk.

"Oleh karena itu, saya mengajak kepada semua elemen daerah untuk menyambut baik Plt Bupati Haltim yang ditugaskan Gubernur Malut nanti. Mau dari kalangan mana dan latar belakang apa, itu tidak penting, yang lebih penting adalah kita semua harus turut serta membantu tugas pemerintah, demi sukses pembangunan dan sukses Pilkada 2020," harapnya. (ikh/pn)

 

 

-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram