Camat Maba Utara Diduga Tahan Gaji Guru

Ilustrasi gaji guru.

Maba, malutpost.id -- Pribahasa “guru pahlawan tanpa tanda jasa” tepat disematkan kepada beberapa guru di Kecamatan Maba Utara. Bagaimana tidak, selama Januari 2020 hingga sekarang, pembayaran gaji guru selalau mengalami keterlambatan. Jika dibandingkan Aperatur Sipil Negara (ASN) lainnya. 

Hal ini diduga karena Camat Maba Utara, Marten Luter Salama, disinyalir menahan gaji sejumlah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam wilaya kecamatan maba utara. 

Menurut informasi dihimpun wartawan pembayaran gaji untuk guru PNS dalam wilayah Kecamatan Maba utara, hampir setiap bulan terlambat

"Kami guru PNS yang ada di Maba Utara selama ini menerima gaji tidak seperti selayaknya PNS lain. Gaji kami dirapelkan atau dibayarkan dua bulan sekali," keluh Syahrul Ismail yang merupakan salah seorang guru SMP Satap Desa Lolasita kepada awak media, Jumat (25/9). 

Bahkan kata Syahrul, untuk gaji bulan ini sampai sekarang ini belum dibayarkan oleh Pemerintah Kecamatan Maba Utara tanpa alasan jelas. Sementara itu, Menurut Syahrul, beberapa teman guru lainnya juga merasa sulit dengan keadaan seperti ini. “Rata-rata kami guru-guru di Maba Utara sangat memerlukan gaji untuk kkeperluan sehari-hari dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar online," ujarnya.

Terkait permasalahan keterlambatan pembayaran gaji ini, pihaknya berulang kali menghubungi Camat Maba Utara, Martin Luter Salama untuk berkordinasi mengenai masalah ini.

Namun, ketika camat dihubungi, nomor handphone-nya tidak perna aktif. Untuk itu pihaknyan berharap kepada Pemerintah Daerah agar mendesak Camat setempat segera bayar gaji para guru tepat waktu. “Kami hanya menginginkan gaji kami dibayarkan tepat waktu" harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Timur, Beni Sunartman ketika dihubungi menjelaskan, untuk gaji guru ditugaskan di Kecamatan Maba Utara agar dibayarkan melalui pemerintah Kecamatan. Karena terkendala tentang kendali wilayah, maka pihaknya mengambil langkah pembayaran langsung di Kecamatan.

Meski begitu ketika disinggung upaya agar penyelesaian hal tersebut, Beni menyarankan agar langsung menanyakan ke Camat. Sebab Camat telah diberikan tanggungjawab pembayaran. "Jika belum dibayarkan, tanyakan langsung kepada camatnya," tandasnya. (ado)

 

 

-

Peliput : Tim

Editor   : Ikram