Gubernur Diminta Segera Lantik Pjs Bupati Haltim

Ismit Abas. (istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Informasi terkait penunjukkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara (DKP Malut), Buyung Radjiloen sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Halmahera Timur (Haltim) mendapat dukungan dari salah satu elemen masyarakat di Haltim.

Buyung yang ditunjuk langsung oleh Gubernur Malut, Abdul Ghani Kasuba dan tinggal menunggu persetujuan dari Kemendagri dirasa sangat layak mengisi jabatan Pjs Bupati Haltim, lantaran kekosongan jabatan yang terjadi di Haltim saat ini usai majunya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Haltim Abdu Nasar sebagai salah satu calon bupati.

Penunjukan Buyung selaku Pjs Bupati Haltim sempat mendapat penolakan dari beberapa pihak. Alasannya, Buyung memiliki hubungan kekerabatan dengan salah satu calon bupati yang ikut bertarung di Haltim. Polemik soal ini ditepis oleh LSM IFAS di Haltim. Bagi mereka, tidak ada kaitan antara penunjukkan Buyung dengan kemenangan calon bupati Haltim.

“Pj Bupati Haltim itu bukan lembaga penyelenggara pemilu, ia tidak akan bisa mengintervensi hasil pemilihan yang terjadi di Haltim. Maka bagi saya, polemik soal itu tidak masuk akal,” kata Ismit Abas, Rabu (7/10/2020).

 

Bagi Ismit, Gubernur Malut punya kapasitas dan kriteria yang bersandar pada undang-undang dan regulasi yang mengatur dalam penunjukan Pjs Bupati. Untuk itu, jangan ditafsirkan dengan pemikiran yang keliru dan sesat berdasarkan kepentingan politik pragmatis.

Karena itu, Ismit berharap kepada seluruh elemen di Haltim harus realistis, keterlambatan mengisi kekosongan pemerintahan ini akan merugikan masyarakat. Mengingat masih adanya beberapa agenda penting daerah seperti Pembahasan dan pengesahan APBD Perubahan 2019 dan penyusunan APBD 2021 yang perlu mendapat perhatian serius. 

“Secara regulasi, kita  tetap mengacu dalam Undang-undang 23 tahun 2014 tentang Penunjukan Penjabat Kepala Daerah yang merupakan kewenangan Gubernur dan Mendagri. Karena itulah Kami meminta kepada Gubernur Maluku Utara agar segera mendorong dan melantik Penjabat Bupati yang telah ditetapkan oleh Mendagri untuk kelangsungan dan kelancaran roda pemerintahan dan aktivitas layanan bagi masyarakat di Haltim,” tandas Ismit. (ikh/pn)

 

 

-

Peliput : Tim

Editor : Ikram