CU Saro Nifero Perluas Jangkauan Pelayanan

HUT: Perayaan HUT ke-19 Credit Union (CU) Saro Nifero yang berlangsung di gedung New Plaza, Rabu (11/3) RAMLAN HARUN/MALUT POST

TOBELO – Credit Union (CU) Saro Nifero, salah satu lembaga kredit swasta di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara memperingati hari lahirnya yang ke-19, Rabu (11/3). Perayaan HUT yang berlangsung di gedung New Plaza Tobelo itu diikuti dengan rapat tahunan. Manajer CU Saro Nifero Alva Viktor Deddy Tjaja menghadiri langsung perayaan tersebut.

Dalam sambutannya, Alva mengatakan tepat di HUT ke-19 ini, dirinya bersama 4.800 anggota Saro Nifero akan menerapkan sistem transformasi pelayanan konvensional menjadi pelayanan platform digital. Ini, menurutnya, bertujuan menarik minat serta daya tarik masyarakat. “Diharapkan menjadi daya tarik tersendiri dalam perkembangan teknologi saat ini," ungkap Alva.

Berkaitan dengan pelayanan, lanjut Alva, pihaknya saat ini menggunakan sistem platform digital yang juga memiliki daya tarik tersendiri. Namun di tahun 2021 mendatang, CU Saro Nifero bakal membangun kantor cabang di sejumlah kabupaten yang ada di Malut sehingga dengan mudah dijangkau masyarakat. Sebab saat ini kehadiran Saro Nifero di Malut baru ada di tiga kabupaten yakni Halut, Pulau Morotai, dan Halmahera Barat. “Makanya nanti di tahun 2021 kami menargetkan penambahan penyebaran kantor cabang di sejumlah kabupaten," sebut Alva.

CU Saro Nifero juga telah melakukan pengembangan transaksi keuangan non tunai melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) dan ATM mini yang akan digunakan di sejumlah tempat strategis. Mulai dari tempat pelayanan kesehatan, swalayan hingga pusat perbelanjaan. Bahkan, kata Alva, untuk memperkuat permodalan, pihaknya juga merancang beberapa produk tabungan baru dengan sasaran sejumlah segmen yang potensial. “Seperti tabungan anak sekolah Minggu, tabungan Simuda untuk milenial, tabungan micro finance untuk ibu-ibu, tabungan ziarah Jerusalem serta tabungan haji. Tabungan haji turut kita buat untuk menjadikan CU Saro Nifero sebagai lembaga keuangan yang inklusif," terangnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, pihaknya bakal menyisir seluruh masyarakat baik yang ada di kota hingga wilayah pesisir melalui agen dan anggota yang tersebar. "Kalau BNI punya Agen BNI, BRI dan Brilink, maka kami di CU Saro Nifero punya Saro Nifero Collect yang akan kami pasang di banyak tempat," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua CU Saro Nifero Abner Nones menyampaikan, terobosan-terobosan yang dilakukan Saro Nifero tidak terlepas dari upaya optimalisasi kesejahteraan dan pelayanan terhadap anggota. "Optimalisasi kesejahteraan dan pelayanan terhadap anggota sangat diutamakan," ungkapnya.

Nones menambahkan, semenjak lembaga kredit ini berdiri pada tahun 2001 hingga menginjak usia ke-19, sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Untuk itu, tahun ini pihaknya juga akan memberikan pinjaman ke unit usaha kecil yang pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. "Tahun 2020 konsentrasi kita yakni memberikan pinjaman modal terhadap usaha-usaha kecil," tandasnya.(cr-04/pn/aji)