Bangunan Hotel Nyaris "Rata Tanah"

API:Kondisi hotel Kusu-Kusu di desa Wosia kecamatan Tobelo Tengah saat terbakar, Sabtu malam kemarin.

TOBELO-Peristiwa kebakaran kembali terjadi di kabupaten Halmahera Utara (Halut) pada Sabtu malam kemarin. Dimana, satu bilik hotel Kusu-Kusu di desa Wosia kecamatan Tobelo Tengah, ludes dilapap si jago merah. Berdasarkan pantauan di lokasi dan data yang dihimpun menyebutkan, sumber api di tempat usaha milik Jhoni Lieke (60) itu berawal dari bagian dapur hotel. Sebelum api membesar, para saksi di lokasi kejadian sempat mendengar bunyi ledakan dari arah dapur hingga akhirnya api dan gumpalan asap tebal terlihat menyelimuti bagian dapur hotel.

Melisa (25), salah satu saksi yang bertugas sebagai reception, mengaku,  saat kejadian, dirinya sedang beristirahat dan tiba-tiba dibangunkan oleh rekan kerjanya bahwa telah terjadi kebakaran di bagian dapur. "Waktu saya lihat, api sudah membesar hingga di bagian atap,"akunya. Senada juga diakui Haurisa (29), saksi lainnya. "Saat itu saya dan teman lagi duduk santai sambil ngobrol. Tiba-tiba, kami mendengar bunyi ledakan tapi kami tidak terlalu hirau dengan bunyi itu. Ternyata api dan asap tebal dari arah dapur sudah membesar. Kamipun panik dan langsung meminta bantuan,"ceritanya.

Hal yang sama ikut disampaikan Fani Fransiska (33), saksi lainnya. Fani yang bertugas sebagai juru masak hotel mengaku, sebelum kejadian, dirinya sedang memasak supermie untuk dikonsumsi. Sehabis itu, Fani bilang kalau dirinya langsung mematikan kompor. Hanya saja, dirinya tidak sempat memastikan kalau api di sumbu kompor yang digunakan itu sudah benar-benar padam.

Beberapa jam kemudian, lanjut Fani, dirinya mendengar bunyi ledakan dari arah dapur. "Waktu saya lihat, api sudah membesar. Saya panik dan sempat mengambil air untuk memadamkan api. Tapi api dengan cepat membesar sehingga saya takut dan langsung meminta pertolongan,"ungkapnya. Selain kompor, Fani menambahkan jika sebelum kejadian, sejumlah peralatan listrik seperti penanak nasi, kulkas dan dispenser dalam keadaan hidup. Olehnya itu, dirinya memastikan kalau bunyi ledakan itu tidak lain adalah kulkas.

Upaya pemadaman api yang dilakukan warga tidak membuahkan hasil. Api dengan cepat membakar bagian dapur dan mulai membesar ke bagian dalam hotel. Beruntung, dua unit truk Pemadam dan Kebakaran (Damkar) tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 23.50 hingga api berhasil dipadamkan.

Kasubag Humas Polres Halut, Iptu Mansur Basing saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. "Saat tiba di lokasi, personil langsung amankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memasang Police Line serta meminta keterangan dari sejumlah saksi,"sebutnya. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian yang ditaksir akibat kebakaran yang terjadi sekitar Rp200 juta. "Untuk sementara kita masih dalami,"pungkas Iptu Mansur.(cr-04/aji)