Dukung PMI Penuhi Stok, Kompi Brimob Donor Darah

AKSI SOSIAL: Personel Brimob mengikuti donor darah. (Ramlan Harun/MALUTPOST.ID)

Tobelo, malutpost.id – Kompi 1 Batalyon A Pelopor Brimob Maluku Utara (Malut), Rabu (15/4), menggelar aksi sosial. Aksi yang dipusatkan di Mako Brimob Kupa-kupa Tobelo Selatan itu berupa kegiatan donor darah. Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut perintah Dankor Brimob dari surat tembusan Kapolri.

 

Dalam kegiatan bertajuk "Brimob untuk Indonesia" itu, Komandan Kompi 1 Batalyon A Pelopor AKP Mahrus Munir mengungkapkan bahwa donor darah yang dilaksanakan pihaknya merupakan instruksi Kapolri dalam rangka membantu PMI menyediakan stok darah dalam mengantisipasi Wabah Covid-19. "Pelaksanaan donor darah ini sudah kita rencanakan pada hari Senin (13/4). Namun terhalang stok kantong darah yang disediakan RSUD Halut terbatas, sehingga pelaksanaan baru kita laksanakan pada hari ini," kata Mahrus.

 

Mahrus berharap, darah yang didonorkan oleh anggota ini dapat membantu pemenuhan darah PMI di tengah Pandemi Covid-19.

 

Sementara dr. Jeini Stela Akualing menambahkan, untuk darah yang diambil dalam kegiatan tersebut, yakni  golongan darah A, AB dan O. Sedangkan untuk darah B belum bisa diambil, karena tempat penyimpanan darah B untuk sementara masih penuh.

 

Untuk pelaksanaan donor darah itu, lanjut Stela, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan. Ini dilakukan demi mencegah penyakit yang dialami oleh pendonor. "Apabila kedapatan misalnya penyakit sipilis, malaria, TBC dan lainnya akan kami laporkan kepada pimpinan Brimob dalam hal ini Komandan Kompi, agar dilakukan penanganan secara medis," katanya.

 

Sekadar diketahui, untuk hasil donor darah dari 55 personel yang melaksanakan donor didapat 12 kantong darah. Ini karena sudah banyak personel yang melakukan donor lewat RSUD Halut.(cr-04)