Mesin Mati, Basarnas Selamatkan Lima Nelayan Asal Halut

Nelayan yang berhasil di evakuasi oleh Basarnas Ternate, Pos Tobelo. (ISTIMEWA)

Tobelo, malutpost.id – Lima nelayan asal Kabupaten Halmaher Utara berhasil diselamatkan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate melalui Pos SAR Tobelo, Selasa (2/6).

Nelayan asal Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, yakni Nurdin (45), Anto (43), Irwan (39), Rahman (39) dan Rizal (23) itu dilaporkan mati mesin saat melaut di perairan Pulau Miti.

Upaya pencarian dilakukan setelah Pos SAR Tobelo, dimulai sekira pukul 23.00 WIT menerima laporan dari salah satu ana nelayan bernama Alfaris, bahwa longboat yang digunakan mengalami mati mesin.

"Longboat ini keluar sekitar pukul 18.00 WIT, untuk memancing diperairan pulau Miti dan sekitar pukul 20.25 WIT, memgalami mati mesin,"kata Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, Selasa (2/5).

Arafah menyampaikan, tim Rescue Pos SAR Tobelo dikerahkan menuju ke lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 03 Tobelo untuk melakukan proses evakuasi."Unsur yang terlibat dalam pencarian ini dari tim rescue SAR Tobelo dengan keluarga korban,"ucapnya.

Sampai pukul 00.30 WIT, tim Rescue Pos SAR Tobelo telah berhasil menemukan seluruh korban."Para korban ditemukan kurang lebih 2.48 NM arah utara dari lokasi kejadian dalam keadaan selamat dan dievakuasi ke RIB 03 Pos SAR Tobelo,"ungkap Arafah.

Selanjutnya korban, kata Arafah dievakuasi menuju Pelabuhan Tobelo dan diserahkan ke pihak keluarga."Setelah ditemukan korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur yang terlibat  dikembalikan kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih,"pungkasnya. (cr-04)

 

-

Peliput  : Ramlan Harun

Editor    : Ikram Salim