Sudah 192 Karyawan NHM Sembuh

PROTOKOL KESEHATAN: Karyawan yang diperiksa suhu tubuh sebelum masuk ke kawasan tambang

Ternate, malutpost.id- Angka karyawan PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) yang dinyatakan negatif Covid-19 terus bertambah, dari Jumat lalu yang dikabarkan sembuh sebanyak 123 orang, hingga Minggu (5/7) bertambah menjadi 192 orang yang dinyatakan negatif. “ Karyawan yang sembuh dari Covid-19 semakin banyak,” kata Perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit dan PT NHM, Amin Anwar, Minggu (5/7).

    Sementara bagi karyawan yang masih berstatus positif dan saat ini tengah menjalani karantina, upaya dan program pemulihan terus dilakukan termasuk program swab test secara berkelanjutan agar dapat mengetahui perkembangan kesehatan para karyawan. "  Pada Senin (6/7) dan Selasa (7/7) besok, PTNHM juga akan melakukan swab kedua dan ketiga terhadap karyawan yang terpapar Covid-19 dengan  mendatangkan Tim medis dari RS Mitra Keluarga Jakarta,” terangnya.

      Sebelumnya dalam program pemulihan, selain menerapkan kebijakan isolasi total area tambang, PTNHM juga melakukan karantina berlapis yang dilakukan bagi karyawan, tim Covid-19 internal perusahaan tidak henti-hentinya melakukan edukasi dan mengingatkan karyawan lainnya, agar tetap patuh pada protokol kesehatan, baik dalam bekerja maupun aktivitas pasca bekerja. Upaya memutus mata rantai penyebaran covid di area tambang dengan langkah tracing (pelacakan), rapid test, maupun swab test, dilakukan dengan berpedoman pada protokol kesehatan. Tim covid internal perusahaan bersama tim covid Pemkab Halut, juga terus memantau perkembangan kesehatan karyawan, baik di lokasi karantina maupun sedang dalam perawatan di rumah sakit. " Kami berupaya untuk tidak menambah beban bagi pemerintah daerah dalam penanganan karyawan yang terinfeksi Covid-19. Sebagai wujud kepedulian, perusahaan bertanggung jawab penuh semua pembiayaan kesehatan karyawan," sebutnya. 

Dia bilang, langkah yang dilakukan NHM, mungkin dapat dikatakan tidak dilakukan perusahaan lainnya, dengan membantu pembiayaan seluruhnya baik dana, medis, dan keamanan. Semua itu tidak lain kepedulian dan tanggung jawab perusahaan. " PTNHM juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Malut dan Halmahera Utara  serta berbagai pihak terkait lainnya, sehingga proses pemulihan dapat berlangsung secara cepat," pungkasnya.(cr-03/rul)