Sejumlah Rumah di Galela Tergenang Air, Kamal: Pemda Jangan Hanya sibuk Politik

Ilustrasi banjir

Tobelo, malutpost.id - Sejumlah rumah warga RT 01 dan RW 02 desa Soasio dan Barataku Kecamatan Galela, Halmahera Utara terendam banjir, Jumat (31/7/2020). 
 
Hujan deras yang mengguyur pada Jumat menyebabkan banjir. Disisi lain, buruknya drainase mengakibatkan air meluap ke pemukiman setinggi lutut kaki orang dewasa. 
 
Kamal Salim, warga Desa Soasio mengaku dianaktirikan oleh pemerintah. Menurutnya, banjir terjadi setiap tahun, sayangnya belum ada itikad dari Pemda untuk memperhatikannya. 
 
"Kami merasa dianaktirikan oleh pemerintah, dari tahun ke tahun saat hujan rumah warga tergenang air, kami tidak diperhatikan malah dibiarkan dan kami mengurusnya sendiri," ungkapnya. 
 
Sejauh ini, lanjut Kamal, belum ada langkah antisipasi dari pemerintah kabupaten untuk membuat saluran pembuangan air untuk mencegah tergenangnya air di rumah warga.
 
Kamal berharap pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa berkordinasi dan mengambil langkah cepat agar dapat membantu warga. "Pemerintah jangan terlalu sibuk mengurus kepentingan politik sementara kepentingan kemanusian diabaikan. Padahal itu adalah tanggung jawab dan alasan kenapa pemerintah hadir," tuturnya. (ikh)
 
 
-
Peliput : Tim
Editor   : Ikram