Like Super di Facebook, Kadis Kominfo dan Camat di Halut Diproses Bawaslu

Ilustrasi ASN terlibat politik. Ilustrasi by Sila(60dtk.com)

Tobelo, malutpost.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara mulai menyeret dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Halut karena terlibat politik praktis.

Dua pejabat tersebut yakni Kadis Kominfo dan Persandian Pemda Halut Deky Tawaris dan Camat Tobelo Utara Husni Hakim. Keduanya, diketahui memberikan like super di media sosial kepada salah satu calon kepala daerah di Halut.

“Sementara terdapat 2 ASN yang diproses,” kata Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Halut, Iksan Hamiru kepada malutpost.id, Kamis (13/8/2020). 

Menurutnya, pihaknya menerima informasi banyak ASN yang tidak netral terutama melalui media sosial. Hanya saja kata Iksan, pihaknya belum melakukan pleno, sehingga belum masuk dalam tahapan penanganan.

"Kalau dua itu sudah masuk dalam tahapan penanganan," ungkapnya.

Selain dua pejabat itu, lanjut Iksan, pihaknya juga bakal melayangkan panggilan kepada Kabag Pemerintahan Anwar Kabalmai soal informasi yang diterima pihaknya. 

"Tapi, sejauh ini belum masuk dalam tahap penanganan,"ujarnya.

Dia menegaskan, Bawaslu sendiri intens melakukan pengawasan di media sosial baik di grub medsos maupun akun pribadi milik ASN.

"Ini juga sudah kita menyurat ke Sekda, juga Camat dan telah menghimbau untuk semua ASN. Kalau ditemukan, kita tetap proses sampai ke KASN," tegasnya.(cr-04)

 

-

Peliput : Ramlan Harun

Editor   : Ikram