Oknum Buruh di Tobelo Miliki Ratusan Paket Ganja Kering

Pelaku saat diamankan bersama barang bukti ganja oleh Sat Nakroba Polres Halut. (ISTIMEWA)

Tobelo, malutpost.id - Satuan Reserse Narkoba Polres Halmahera Utara berhasil mengungkap penyelundupan narkoba jenis ganja di Halut.
  
Tak tanggung-tanggung, sebanyak 158 paket ganja kering siap edar berhasil digagalkan dari tangan salah seorang buruh berinisial RU alias Adi (35 tahun). 
 
Warga Desa Gamsungi, Kecamatan Tobelo ditangkap pada Ahad (30/8/2020) malam di depan RM. Artomoro, kompleks kampung China, Gansungi. 
 
"158 paket kecil berisikan daun kering yang diduga narkotika golongan 1 jenis tanaman ganja dan 1 unit HP Nokia hitam," kata Kasubag Humas Polres Halut Iptu Mansur Basing, kepada malutpost.id, Selasa (1/9/2020). 
 
Mansur bilang, awalnya tim opsnal Sat Resnarkoba Polres menyelidiki informasi dari masyarakat tentang adanya pengederan dan kepemilikan narkotika golongan 1 jenis ganja di seputaran kota Tobelo tepatnya di kompleks kampung Cina.
 
"Makanya, tim langsung menindaklanjuti dan dari hasil penyelidikan tim berhasil mengamankan  RU, dengan pekerjaan buruh," ungkap Mansur.
 
Lanjut Mansur, saat penggeledahan, petugas juga menemukan 21 paket kecil ganja siap edar yang disimpan di balik pakaian. Selanjutnya tim melakukan pengembangan dengan menggeledah tempat tinggal pelaku dan berhasil menemukan 137 paket kecil ganja siap edar.
 
"Sehingga, tim membawa pelaku ke kantor Sat Resnarkoba Polres Halmahera Utara untuk pengembangan. Sampai hari ini masih dilakukan pemeriksaan," katanya.
 
Atas perbuatannya, pelaku disangkakan dengan pasal 114 ayat (1) dan pasal 111 ayat (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika. (cr-04)
 
 
 
 
-
Peliput : Ramlan Harun
Editor   : Ikram