Frans Wakili Muhlis Minta Maaf ke PT Indotan Halmahera Bangkit

Frans Manery

Tobelo, malutpost.id - Calon Bupati (Cabup) nomor urut 1 Frans Manery mewakili wakilnya Muhlis Tapi Tapi menyampaikan permintaan maaf kepada PT Indotan Halmahera Bangkit sebagai pemilik saham mayoritas PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). “Saya menghaturkan maaf kepada PT Indotan jika ada kekeliruan dalam penyampaian saat debat kandidat.


Tidak ada niat sedikitpun untuk menyinggung,” kata Frans, Senin (9/11). Menurutnya, dalam suasana debat, pasti ada tekanan eksternal yang bisa mengganggu dan memicu human error. Kata dia, sudah diketahui bersama PT Indotan baru saja hadir sebagai pemilik baru PT NHM. Jadi, sangat tidak logis jika ingin menyinggung PT Indotan terkait dengan penghentian KPD. “Mungkin Pak Muhlis hanya sedikit keselo lidah. Karena ingin menjawab pertanyaan terkait ketidakberhasilan kepemimpinan kami untuk menyejahterakan perangkat desa,” terang Frans Manery.


Ditambahkan, penghentian KPD memang berkaitan erat dengan perubahan aturan terkait pertambangan. Dimana, ada kenaikan royalty dari 0,7 persen menjadi 3,75 persen. “Ini juga sudah dibahas dalam kesepakatan antara manajemen lama (Newcrest) PT NHM dengan pemerintahan sebelum saya di 2010 lalu. Jadi, disaat pemerintahan kami dihentikan, kami terima dengan lapang dada. Meski, pengaruhnya terhadap fiskal daerah cukup besar. Salah satunya terkait dengan siltap perangkat desa itu,” pungkasnya.(*/rul)