Lakukan Banyak Perubahan, Pemda Diminta Dukung Manajemen Baru NHM


M Basry Hamaya 


Ternate, malutpost.id – Apresiasi dan penghargaan tak henti-hentinya diberikan publik kepada PT. Indotan Halmahera Bangkit dan pemiliknya H Robert Nitiyudo Wachjo. Langkah perubahan manajemen setelah mengambil alih mayoritas saham PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) semakin dirasakan kontribusinya oleh publik. Hal ini jauh berbeda saat NHM masih di bawah kendali manajemen lama.

Akademisi Universitas Khairun Ternate M. Basry Hamaya mengatakan, Presiden Direktur PT. Indotan Halmahera Bangkit merupakan sosok pengusaha Nasional yang perlu mendapat support dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku Utara. Dia merupakan pengusaha yang mengedepankan nilai-nilai religius. “PT. Nusa Halmahera Minerals yang melakukan penambangan bahan mineral logam emas dari tahun 1997 telah banyak mengecewakan masyarakat dan Pemerintah Daerah di Maluku Utara. Namun setelah diambil alih oleh PT. Indotan Halmahera Bangkit banyak perubahan terjadi. Kehadiran NHM semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tak hanya di lingkar tambang tapi di Malut pada umumnya, " tandas pengajar di Fakultas Hukum ini.


Langah manajemen NHM dengan melakukan konsolidasi institusi adat dan membantu mewujudkan kearifan local (local wisdom) di Kabupaten Halut merupkan langkah yang luar biasa. Restrukturisasi tenaga kerja,  di mana pada level top pimpinan dan superintendent diisi oleh putra-putra daerah Malut merupakan langkah yang patut diacungi jempol. “Dengan adanya kebijakan tersebut maka dalam waktu dekat putra-putra daerah Maluku Utara akan memiliki pengetahuan dari aspek teknik maupun managerial yang mumpuni karena ada transfer pengetahuan dan teknologi,” ucap Basry.


Dia menaruh harapan besar kepada manajement PT NHM yang baru. Dia berharap sejumlah permasalan hukum yang terjadi saat NHM masih berada di bawah menejemen lama dapat diselesaikan. Seperti, masalah di bidang ketenagakerjaan dan penguasaan lahan dengan cara membabi buta yang dilakukan oleh pihak menejmen PT. NHM dimasa lalu. Masalah lahan ini, sampai sekarang ada yang belum diselesaikan oleh pihak perusahan akibatnya munculnya gugatan hukum yang tidak selesai sampai saat ini. " Itikad dan niat baik Hi. Robert untuk menyelesaikan semua persoalan yang ditinggal oleh manajemen lama PT. NHM sebelumnya, termasuk dana bagi hasil oleh pemerintah daerah patut mendapat dukungan dan respon positif dari pemerintah untuk menjamin seluruh aspek berjalan dengan baik. Kepekaan dan kepedulian Hi.Robert yang telah banyak membantu pemerintah, termasuk menggelontorkan dana Rp20 miliar dan kontribusi/partisipasi terhadap tokoh agama, masyarakat dan tokoh adat di daerah Kao dan Malifut harus diberi apresiasi,” ucap mantan Kepala Bagian Hukum Pemda Halteng dan Mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulau Morotai ini.


Dia berharap, kedepan di bawah kendali Haji Robert kerjasama antara pemerintah daerah dengan PT. NHM semaki baik. " Jika dilihat filosofi yang terkandung dalam nama perusahan PT Indotan Halmahera Bangkit, terlihat ada komitmen dan Niat baik Hi. Robert untuk membangun Bumi Halmahera, Moloku Kie Raha menuju kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan Maluku Utara, " harapnya. (rls/rul)