Hidupkan Bandara Kuabang Kao, PTNHM Carter Batik Air

PERDANA: Pesawat Batik Air yang di-carter PTNHM untuk mengangkut karyawan. Pesawat ini mendarat perdana di Bandara Kuabang Kao, kemarin (27/11)

Tobelo,malutpost.id - Dukungan PT. Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) di bawah pemilik baru H Robert Nikijudo Cahjo, untuk Halmahera Utara (Halut) terus mengalir. Jumat (27/11) kemarin, PTNHM menyewa pesawat Batik Air untuk mengangkut karyawan dan mendarat perdana di Bandara Kuabang Kao.

Perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit, Amin Anwar menyampaikan, langkah tersebut dilakukan PTNHM, karena Haji Robert akan menghidupkan kembali Bandara Koabang Kao yang sudah mati suri. "Kami lebih mengutamakan Bandara Koabang sebagai aset pemerintah dari pada bandara kami sendiri, yakni bandara Kobok," kata Amin.

Menurut dia, dengan aktifnya pengoperasian Bandara Koabang, akan memberi multi efek terhadap perekonomian Halut. Bahkan, menjadi kebanggan bagi pemerintah daerah setempat. "Kami juga melindungi karyawan dari virus covid-19. Makanya, saat turun langsung semua dilakukan Swab Test," ujarnya.


Karyawan di swab setelah turun dari pesawat

Kepala Bandara Kuabang Kao, Ristu Bintoro, menyampaikan, kedatangan perdana maskapai Batik Air yang merupakan carteran dari PTNHM di bandara udara Kuabang Kao itu membawa penumpang sebanyak 30 orang. "Rencana Sabtu besok (hari ini) akan kembali ke Manado dan lanjut ke Jakarta. Dimana, penumpang masih dari karyawan PT NHM yang ditaksir sebanyak 20 orang," ucapnya.

Aktivitas di Bandara Kuabang Kao

Dikatakan dia, pesawat tersebut di-carter oleh PTNHM juga akan secara reguler, yang direncanakan satu kali dalam seminggu. Pihaknya sangat menyambut baik penerbangan charter Batik Air oleh PTNHM ini. Bahkan, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Halmahera Utara. "Kami menyambut baik jalinan kerjasama dengan PTNHM untuk mengoptimalkan pemanfaatan bandar udara Kuabang-Kao yang merupakan fasilitas negara. Agar, fasilitas yang sudah dibangun melalui APBN dapat digunakan secara optimal," katanya. Pihaknya, juga berharap, mudah-mudahan kedepannya Batik Air akan dapat melayani penerbangan secara reguler di Bandara Kuabang Kao.(cr-04/rul)