Lebihi Target Produksi, PTNHM Bagikan Bonus Karyawan Rp25 M

H Robert Nitiyudo Wachjo

Tobelo, malutpost.id – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) kembali memberikan bonus bulanan sebesar Rp25 miliar untuk seluruh karyawan. Pemberian bonus ini merupakan komitmen Presiden Direktur H Robert Nitiyudo Wachjo yang juga pemilik baru PTNHM, apabila hasil produksi dapat melebihi target yang diberikan perusahaan. “Karena produksi pada bulan November ini melebihi target, maka para karyawan berhak mendapatkan bonus sekitar Rp 25 miliar. Bonus bulanan ini merupakan yang kedua kalinya dimana sebelumnya pada bulan Oktober, PTNHM telah memberikan bonus sebesar Rp 23 miliar,” kata Perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit, yang merupakan pemilik baru PTNHM, Amin Anwar di Jakarta, Rabu (2/12).

Pemberian bonus tersebut merupakan komitmen H Robert sebagai pemilik baru PTNHM yang disampaikan kepada karyawan dalam kunjungan ke Gosowong pertengahan Oktober lalu untuk mengikuti LOPP (Live Of Province Planning) PTNHM, Presiden Direktur PTNHM H Robert Nitiyudo Wachjo yang didampingi Komisaris Ilham Akbar Habibie, dan Wakil Presiden Direktur Rafael Nitiyudo mengatakan, perusahaan akan memberikan bonus 40% kepada karyawan apabila melampaui target hasil produksi bulanan yang ditetapkan perusahaan. “Bonus 40% itu akan diberikan setiap bulan, besarannya akan disesuaikan dengan kelebihan dari hasil produksi yang ditargetkan. Semakin besar kelebihan hasil produksinya maka bonusnya yang diterima akan semakin besar,” ujar Pemilik Indotan Halmahera Bangkit yang akrab disapa Pak Haji ini.

Ditambahkan Pak Haji, bonus yang diberikan perusahaan juga tanpa dipotong pajak karena pajaknya ditanggung perusahaan. “Jadi sebenarnya yang diterima perusahaan hanya 43% karena 17% pajak untuk karyawan ditanggung perusahaan,” terangnya. Pemberian bonus bulanan dari kelebihan hasil produksi ini merupakan kebijakan baru dari management PTNHM dibawah komando H Robert. Bonus semacam ini tidak pernah diberikan management Newcrest saat mengelola PTNHM selama 21 tahun. “Selama 21 tahun PTNHM menambang emas di Gosowong baru kali ini perusahaan memberikan bonus fantastis untuk karyawan,” ujar Amin Annwar. Menurut Haji Robert seperti yang disampaikan Amin Anwar para karyawan PTNHM merupakan asset perusahaan yang sangat berharga karena itu jangan pelit-pelit memberikan sesuatu yang berharga kepada karyawan. “Kita jangan pelit sama karyawan karena tanpa mereka perusahaan tidak akan berjalan,” tegasnya.

Sementara itu Kadisnakertrans Provinsi Maluku Utara, Ridwan Hasan menilai kebijaksanaan PTNHM di bawah kepemimpinan H Robert sebagai Presiden Direktur adalah suatu hal yang luar biasa dimana selama ini insentif berupa bonus bulanan yang di hitung berdasarkan kelebihan target produksi baru terjadi di PTNHM. “Sebagai Pemerintah daerah saya sangat apresiasi atas kebijakan seperti ini dan perlu dijadikan contoh bagi perusahan-perusahaan pertambangan lain di Maluku utara,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, akan menjadi pemicu dan semangat karyawan untuk lebih meningkatkan kinerja. “Harapan saya kebijaksanaan PTNHM seperti ini harus tetap dipertahankan, karena pimpinan perusahan yang bijak akan menempatkan pekerja /karyawan sebagai asset utama bagi perusahaan,” papar mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku Utara ini. Ditambahkan, konsistensi terhadap Perjanjian Kerja Bersama (PKB) harus benar-benar dilaksanakan karena itu merupakan dasar hukum dan keadilan dalam menjamin hak dan kewajiban bagi perusahan dan pekerjanya.(*/rul)