Jelang Natal, NHM Bagi Ribuan Paket Sembako

PEDULI: Pose bersama tim NHM Peduli, aparat Desa Gamsungi, dan perwakilan masyarakat penerima bantuan

Tobelo,malutpost.id – PT Nusa Halmahera Minerals (NMH), tak henti menujukan kepeduliannya untuk membantu masyarakat. Jelang Natal dan Tahun Baru ini, NHM Peduli bersama Presiden Direktur (Presdir) H Robert Nitiyudo Wachjo, kembali menyalurkan bantuan paket sembako bagi masyarakat kurang mampu. Kali ini diberikan kepada masyarakat yang ada pada empat desa di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut). Menurut tim NHM Peduli yang diwakili Septian Sam, bahwa penyaluran bantuan sembako kai ini akan disalurkan bagi masyarakat kurang mampu di Desa Gamsungi, Gura, Lina Ino, dan Wosia. "Sebanyak 1.500 paket dibagikan. Aksi ini sebagai bentuk kepedulian PTNHM kepada warga yang terdampak Covid-19," kata Septian San, Koordinator Covid-19 PTNHM Kota Tobelo, kemarin (23/12).

Dia menyampaikan, aksi sosial itu merupakan bentuk perhatian dari pemilik PTNHM Haji Robert Niktiyudo Wahjo, guna meringankan beban ekonomi warga akibat pandemi Covid-19. Apalagi, bertepatan dengan hari besar keagamaan, yakni Hari Natal dan Tahun Baru. “Penyalurannya langsung melalui desa (kepala desa). Karena yang lebih mengetahui masyarakatnya adalah desa, khususnya yang kurang mampu,” kata Septian.

Dia berujar, ada sekira 1.500 paket bantuan yang disalurkan. Untuk Desa Gamsungi sebanyak 300 paket, Desa Gura 150 paket, Lina Ino 150 paket, dan Desa Wosia sebanyak 300 paket. “Sisanya paket sembako nanti akan disalurkan ke panti-panti asuhan dan panti werdha (jompo), utamanya yang Nasrani karena bertepatan dengan momen Natal,” terangnya. Penyaluran ribuan paket sembako ini direncanakan selama dua hari. Dimulai Kamis (23/12) dan dilanjutkan kembali pada Jumat (24/12).

PEDULI: Truk yang memuat bantuan paket sembako bagi masyarakat untuk disalurkan ke empat desa 

Kepala Desa Gamsungi Albert Belian Ali saat diwawancarai, mengucapkan terima kasih banyak atas kepedulian PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), khususnya Pak H Robert. “Bantuan ini tentunya sangat membantu kami sebagai pemerintah desa dan sangat membantu masyarakat ekonomi lemah yang ada di Desa Gamsungi,” kata Albert. Disinggung apakah pernah bertemu dengan Presdir NHM, Albert mengaku belum pernah.

Dia pun berharap jika ada kesempatan, bisa bertatap muka dengan pak Haji, sapaan H Robert. “Saya belum pernah ketemu. Saya hanya mendengar saja beliau orang yang jiwa sosialnya sangat tinggi. Buktinya bantuan ini (Desa Gamsungi), padahal bukan wilayah lingkar tambang,” ujarnya. Senada Ketua Badan Permusywaratan Desa (BPD) Gamsungi, Jeheskiel Jefry Tuhuleruw mengucapkan terima kasih atas perhatian PT NHM melalui bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu. “Tentunya dukungan kami hanya melalui doa, semoga NHM, khususnya Pak H Robert selalu diberikan kemudahan dan semoga bisa lebih lama berinvestasi di Kabupaten Halut,” tutur Jefry, sapaannya.

PEDULI: Simbolisasi penyerahan bantuan paket sembako dari PT NHM kepada Kepala Desa Gamsungi Albert Belian Ali

Terpisah Kepala Desa Wosia, Tommy Mozes, juga memberikan apresiasi kepada PTNHM terutama untuk Haji Robert selaku pemilik perusahaan. "Ini menjadi contoh bagi perusahaan lainnya, agar lebih peduli kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Menurut dia, Desa Wosia telah menerima bantuan Sembako sebanyak dua kali dari PTNHM dan ini diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar Hotel Bryken, Marahai Park dan Hotel Kita, yang biasa dipakai menginap karyawan PT. NHM. "Tahap pertama kami terima 400 paket sembako dan sekarang 300 paket. Sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada Pak Haji Robert," ujarnya, seraya berharap, hubungan baik yang sudah terbangun antara masyarakat dengan PT NHM bisa terus terjalin. (cr-04/rul/*)