Biaya Ditanggung NHM, Tes Covid Warga Halut Gratis


RESMI: Bupati Halut Frans Manery memberikan sambutan dalam peresmian laboratorium PCR, Kerjasama Pemda Halut dan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM).

Tobelo,malutpost.id – Bantuan alat Polymerase Chain Reaction(PCR) dari PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) untuk Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), siap beroperasi. Ini ditandai dengan peresmian laboratorium Patologi Klinik di RSUD Tobelo, yang dilakukan Bupati Frans Manery, Rabu (30/12). Frans menyampaikan, untuk kehadiran laboratorium PCR itu, tidak lepas dari hubungan baik antara Pemda dengan PT NHM. Bahkan, perusahaan tidak hanya memberikan bantuan peralatan laboratorium, tapi juga akan menanggung biaya operasional selama satu tahun. “Kami sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada NHM, lebih khususnya lagi kepada Presiden Direktur sekaligus pemilik Pak H Robert, karena sejak awal Covid-19 masuk ke Halut dan sampai saat ini, NHM tidak henti-hentinya membantu pemerintah,” ucapnya.

Menurut dia, untuk biaya tes PCR bagi warga Halut pastinya gratis. Sebab itu sudah ditanggung semuanya oleh NHM, termasuk operasional selama satu tahun. Sementara, penggunaan alat bagi pendatang, akan dipungut biaya sebagaimana ketentuan yang sudah diatur oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Selain warga Halut, tentunya akan dikenakan biaya. Biar pendatang tidak seenaknya datang ke Halut. Apalagi saat ini untuk syarat perjalanan sudah mewajibkan swab atau tes PCR antigen,” ujarnya.

RESMI:  Septian Sam, Koordinator Tim Covid-19 PT NHM wilayah Halut yang mewakili manajemen PT NHM memberikan sambutan dalam peresmian laboratorium RT-PCR.

Sementara itu, Koordinator Covid-19 PT.NHM Kota Tobelo, Septian San, mengatakan, bantuan dari PT.NHM merupakan wujud kepedulian perusahaan untuk membantu Pemda dalam penanganan wabah covid-19. Selain itu, bantuan ini merupakan bagian dari kepedulian H Robert, sebagai pemilik PT.NHM kepada masyarakat Maluku Utara, khususnya Halut. “Ini demi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di masyarakat,” katanya. Manajemen, lanjut Septian, sangat berterima kasih atas jalinan kerjasama yang baik bersama Pemda.

Manajemen pun berharap, bantuan ini selain bisa meringankan beban, juga membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Septian membenarkan, operasional laboratorium selama satu tahun ke depan akan menjadi tanggung jawab PTNHM. Mulai dari seluruh alat dan bahan untuk keperluan laboratorium, maupun insentif dokter dan tenaga analisis. Karena, ini merupakan tujuan mulia Pak H Robert. “Beliau ingin meyakinkan masyarakat bahwa NHM yang dulu dan NHM yang sekarang berbeda. Untuk itu masyarakat dan pemerintah tidak perlu ragu dengan niat dan tujuan yang begitu mulia dari Pak H Robert,” pungkasnya.(cr-04/lid)