Peduli, Haji Robert Bedah Rumah Janda yang Kumuh jadi Layak Huni

PEDULI: Mama Owa bersama dua anaknya berpose di depan rumah mereka setelah dibedah oleh Haji Robert Presiden Direktur PT NHM

Tobelo, malutpost,id--Inggit Garnasi atau yang biasa dipanggil Mama Owa tidak menyangka, rumah gubuknya yang berada di Desa Tiowor, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut) dibedah oleh PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Rumahnya yang semula gubuk, “disulap” dengan cepat menjadi rumah beton yang kokoh dan lebih nyaman untuk ditempati. Dananya bersumber langsung dari Haji Robert Nitiyodo, pemilik dan juga Presiden Direktur PT Nusa Halmahera Minerals. Sedangkan pembangunan rumahnya di bantu oleh masyarakat setempat.

Mama Owa adalah seorang janda dengan dua anak, yang tinggal di sekitar daerah Kobok, yaitu salah satu area di Desa Tiowor. Dia sudah bertahun-tahun hidup di sana bersama dua anaknya. Kepala Desa Tiowor, Iskandar Hi Karim mengatakan, renovasi rumah Mama Owa tersebut dibangun secara gotong royong oleh masyarakat Desa Tiowor dengan dana yang diberikan oleh Haji Robert Nitiyodo, pemilik dan juga Presiden Direktur PT Nusa Halmahera Minerals yang mengelola tambang emas Gosowong di Halmahera Utara. Menurutnya, masyarakat Desa Tiowor sangat bergembira dan bersyukur dengan bantuan dari Haji Robert. “Pak Haji Robert mengingatkan kita betapa pentingnya bersedekah. Karena bersedekah seperti menanam sebiji yang akan tumbuh menjadi satu pohon dan pohon itu berbuah yang banyak. Hakikat dari sedekah tidak pernah membuat kita kekurangan, karena sebiji yang kita punya ada hak orang lain yang harus kita keluarkan,” ujar Iskandar yang juga Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Kao Teluk itu

Dia berulang kali mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Presdir PT NHM. Kehadiran Haji Robert di Halmahera Utara mengajarkan tentang kebahagiaan sesungguhnya. Kebahagiaan bukan diukur dari berapa banyak harta yang dimiliki, tapi dari apa yang diberikan kepada orang lain dan mereka bahagia karena pemberian tersebut. “Syukur loci (terima kasih banyak red) Pak Haji Robert. Kepedulian tulusmu adalah penawar atas pahitnya hidup masyarakat. Kepedulianmu mampu menopang punggung-punggung yang rapuh dan kelelahan,” kata Iskandar Hi Karim mengungkapkan kebahagiaannya sebagai pemimpin masyarakat dan sebagai Hamba Allah.

Rumah Mama Owa sebelum dibedah

Pembangunan rumah Mama Owa tersebut dimulai sejak 11 September 2020 dan selesai pada 1 Desember 2020. Saat ini Mama Owa dan kedua anaknya sudah bisa menempati rumah baru mereka itu. Manajer Komunikasi PT Nusa Halmahera Minerals, Ramdani Sirait ketika diminta tanggapannya tentang selesainya pembangunan rumah baru Mama Owa tersebut mengatakan, Pak Haji Robert sangat gembira, bahwa rumah tersebut telah selesai dibangun dengan bagus, sehat dan layak huni. Pak Haji Robert mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Tiowor dan masyarakat yang telah bergotong royong membangun rumah tersebut. “Ini adalah bantuan pribadi dari Pak Haji Robert sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang Pak Haji Robert kepada masyarakat tidak mampu yang tinggal di lingkar tambang PTNHM,” kata Ramdani.

“Semoga program bedah rumah seperti ini dapat diteruskan untuk rumah-rumah penduduk lainnya di lingkar tambang yang sekarang tidak layak, menjadi layak huni,” tambah Ramdani. Sejak mayoritas saham PTNHM diambil alih oleh Indotan/ PT Indotan Halmahera Bangkit dari Newcrest Mining Ltd pada awal tahun 2020, Haji Robert sebagai pemilik dan Presiden Direktur PTNHM menaruh perhatian sangat besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Banyak sekali bantuan yang telah diberikan untuk masyarakat. Baik bantuan melalui Departemen Kinerja Sosial PTNHM maupun bantuan pribadi yang diserahkan langsung kepada masyarakat. Program bedah rumah merupakan salah satu di antaranya. Program bedah rumah ini dilakukan setelah Haji Robert melihat langsung kehidupan masyarakat di lingkar tambang PTNHM.(rls/rul)