NHM Arahkan Karyawan Terbang Lewat Bandara Kuabang

Ramdani Sirait

Tobelo,malutpost.id – Komitmen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) mendorong sektor ekonomi di Maluku Utara (Malut), khususnya di Halmahera Utara (Halut) tak bisa diragukan. Untuk menghidupkan Bandara Udara Kuabang – Kao, Halmahera Utara, Manajemen PTNHM akan mengarahkan para karyawannya yang berangkat dari Halut menuju Manado maupun sebaliknya, terbang melalui Bandar Udara Kuabang – Kao. “ Sebelum Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Kuabang – Kao menyampaikan surat permohonan agar Manajemen PTNHM memanfaatkan jalur penerbangan yang sudah dibuka kembali dari Kao ke Manado dan sebaliknya, hal itu telah menjadi perencanaan kami. Sejak awal manajemen PTNHM telah berkomitmen untuk menghidupkan Bandara Kuabang-Kao,” terang Manajer Komunikasi PTNHM, Ramdani Sirait, kemarin (5/1).

“PTNHM melihat ini adalah hal yang baik, tidak hanya bagi para karyawan kami yang akan terbang dari Halut ke Manado maupun sebaliknya. Tapi dengan hidupnya Bandara Kuabang, perekonomian di Halut akan tubuh,” katanya. Menurut Ramdani, PTNHM memiliki lokasi karantina di Kota Tobelo yang tidak jauh dari Bandara Kuabang – Kao. Setelah tiba di bandara, para karyawan PTNHM dan mitra kerja yang datang dari Manado dapat langsung diarahkan ke lokasi karantina. “ Program karantina ini merupakan bagian penerapan protocol Covid-19 bagi seluruh karyawan dan mitra kerja. Sebelum masuk ke lokasi tambang emas di Gosowong, mereka harus dua kali negative hasil swab test,” ujar Ramdani yang juga penulis buku ini.

Untuk diketahui, otoritas Bandar Udara Kubang – Kao telah membuka kembali jalur penerbangan Kao – Manado dan sebaliknya untuk penerbangan komersil mulai 1 Januari 2021. Jalur penerbangan ini sempat ditutup sebelumnya sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (*/rul)