Bawa Karyawan NHM, Batik Air Kembali Mendarat di Kuabang

Pesawat Batik Air yang mengangkut karyawan PT NHM saat tiba di Bandara Kuabang, Kao, Jumat (5/2).

Tobelo,malutpost.id—-Komitmen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) untuk menghidupkan Bandara Kuabang Kao bukan isapan jempol belaka. Pihak manajemen bahkan sudah menetapkan setiap perjalanan karyawan dan mitra kerja PT.NHM di luar Maluku Utara (Malut) harus menggunakan bandara Kuabang Kao. Jumat (5/2) kemarin, Batik Air kembali mendarat di Bandara Kuabang Kao, dengan membawa puluhan penumpang karyawan PT NHM. Direncanakan Batik Air, akan melakukan penerbangan secara reguler, seminggu sekali dengan rute Jakarta-Manado-Kuabang Kao dan sebaliknya.

Manajer Komunikasi PT. NHM, Ramdani Sirait mengatakan, penerbangan ini adalah bagian dari program PT.NHM dalam menghidupkan Bandara Kuabang Kao, Halmahera Utara (Halut) dengan melakukan penerbangan reguler untuk transportasi karyawannya. “Direncanakan setiap minggunya ada penerbangan khusus yang dilayani oleh Batik Air dan Manajemen PT.NHM sudah menetapkan bahwa perjalanan karyawan dan mitra kerja PT.NHM di luar Maluku Utara menggunakan bandara Kuabang Kao ini,” terang Ramdani Sirait, Jumat (5/2).

Menurutnya, komitmen untuk memperlancar perputaran ekonomi dengan kembali menghidupkan bandara Kuabang Kao merupakan arahan dari Presiden Direktur (Presdir) PT. NHM, Hi Robert Nikiyudo Cahjo. Karena itu, Batik Air di-carter khusus oleh Presdir PT. NHM, untuk melayani penerbangan ke Kuabang Kao. “ Ini merupakan komitmen pak Haji (sapaan Hi Robert Nikiyudo Cahjo) untuk menghidupkan bandara Kuabang,” tandasnya.

Sambung Ramdani, bagi karyawan dan mitra kerja yang akan ke tambang emas Gosowong, setelah tiba di Bandara Kuabang Kao, akan masuk ke beberapa hotel di Kota Tobelo untuk melakukan masa karantina dalam rangka pencegahan Covid-19. “Setelah mendapatkan hasil negatif dua kali berturut-turut, baru mereka bisa dibawa masuk ke dalam kawasan tambang, ” katanya. Ramdani menambahkan untuk mereka (karyawan, red) yang dinyatakan positif, akan ditempatkan di sebuah hotel khusus. “Seluruh hotel-hotel tersebut disewa oleh PT.NHM. Ini juga dalam rangka mendorong ekonomi Kabupaten Halmahera Utara,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Kuabang Kao, Ristu Bintoro, menyambut baik penerbangan charter Batik Air oleh PT.NHM ini. Bahkan, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Halmahera Utara. “Kami sangat mengapresiasi manajemen PT. NHM yang memanfaatkan bandar udara Kuabang-Kao ini,” tuturnya. Dia berharap, manajemen PT NHM tetap mengoptimalkan fasilitas negara ini, karena dengan adanya pandemik Covid-19 berpengaruh terhadap perekonomian negara. ” Semoga ke depannya Batik Air juga dapat melayani penerbangan secara reguler di Bandara Kuabang Kao,” pungkas (rls/rul)